7 Makanan Khas Kuningan Jawa Barat

Advertisement
7 Makanan Khas Kuningan Jawa Barat - Kota Kuningan terletak di Propinsi Jawa Barat bagian timur berbatasan dengan propinsi Jawa Tengah. Kota kecil dengan luas wilayah 1.178,58 km² dikenal sebagai kota berhawa sejuk karena terletak di kaki Gunung Ceremai (3076 m). Gunung Ceremai adalah gunung tertinggi di wilayah Jawa.

Bicara mengenai makanan khas Kuningan, ada banyak ragam makanan khas Kuningan yang bisa kita temukam, berikut adalah 7 makanan khas kuningan.

1. Peuyeum Ketan Khas Kuningan

7 Makanan Khas Kuningan Jawa Barat
Peuyeum ketan yaitu tape yang terbuat dari beras ketan, biasayanya ketan yang di gunakan adalah ketan putih namun juga ada yang menggunakan ketan merah, Beras ketan yang sudah di kukus dan di kasih aroma dari daun kusus kemudian di fermentasi menggunakan ragi dan di bungkus dengan daun jambu air, untuk dapat di konsumsi membutuhkan 3-4 hari , Peuyeum ketan ini memiliki rasa yang khas dan aromanya yang unik, byasanya Peuyeum ketan kuningan di simpan dalam ember sedang hitam berisi 100 buah Peuyeu, namun sekarang ada dalam kemasan kardus kecil juga kemasa plastik.

2. Putri Noong Khas Kuningan

7 Makanan Khas Kuningan Jawa Barat
Putri Noong adalah kue yang terbuat dari parutan singkong dan pisang nangka lalu dibaluri oleh parutan kelapa.

3. Tahu Lamping Khas Kuningan

7 Makanan Khas Kuningan Jawa Barat
Tahu lamping adalah tahu asli Kuningan, Tahu ini lebih padat dan berisi juga memiliki rasa gurih yang khas. Rasanya yang khas konon karena proses pembuatannya yang menggunakan mata air di desa Cigadung yang berada di lamping (lereng) gunung Ciremai.

4. Rarawuan Khas Kuningan

7 Makanan Khas Kuningan Jawa Barat
Rarawuan adalah makanan sejenis bakwan atau bala-bala, dengan bahan baku kacang hitam, kelapa kering dan terigu.

5. Kue Satu Khas Kuningan

7 Makanan Khas Kuningan Jawa Barat
Kue Satu yaitu kue yang terbuat dari kacang hijau yang disanggrai dan dihaluskan dicampur dengan gula halus kemudian dicetak.

6. Awung Khas Kuningan

7 Makanan Khas Kuningan Jawa Barat
Awung yaitu makanan yang terbuat dari tepung beras, parutan kelapa, daun pandan dan gula merah. Bentuknya menyerupai tumpeng berupa gunungan kecil. Rasanya manis dan berserat.

7.  Papais Khas Kuningan

7 Makanan Khas Kuningan Jawa Barat
Papais yaitu makanan yang terbuat dari bahan baku beras ketan atau ketela pohon yang dibungkus dengan daun pisang, Untuk Papais yang terbuat dari beras ketan ada  papais bugis yang berisi adonan parutan kelapa dan gula aren, ada papais monyong berbentuk kerucut dengan isi enten kacang hijau, ada papais koci yang berwarna hijau dengan enten gulamerah dan parutan kelapa dan  ada papais beureum yang berwarna merah tanpa isi. Kalau papais yang terbuat dari ketela pohon adalah nagasari yang dalamnya buah pisang atau cuma papais tanpa isi yang rasanya asin.

Makanan indonesia yang ada di kuningan yang harus di cicipi memang masih banyak lagi, makanan khas kuningan memang tak kalah dengan Makanan Khas Makanan Kas Daerah Majalengka.
7 Makanan Khas Kuningan Jawa Barat | Kang ali Ali | 10

4 komentar: