Konsumsi Sayur Bayam Yang Tepat

Advertisement
Konsumsi Sayur Bayam Yang Tepat - Bayam sendiri merupakan sayuran yang tak lepas dari masyarakat indonesia, apa lagi jika anda tinggal di pedesaan, sayuran bayam bisa anda dapat dengan fre/gratis, Sayuran yang mempunyai Rasa sedikit manis terasa cocok di lidah jika diolah menjadi sayur bening sebagai pelengkap menu sehari-hari anda.

Sebagi ibu yang mempunyai anak, sayur bayam dapat menjadi alternatif untuk asupan si kecil supaya asupan mineral dan vitamin dari sayur-mayur dapat terpenuhi. Sebagai sayur yang kaya akan manfaat sehingga tak heran jika sayuran yang satu ini menjadi favorit si kecil.

Akan tetapi ada beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai pengolahan sayur satu ini. Karena salah dalam pengolahannya, hasilnya malah merugikan kesehatan bukannya menyehatkan.
Konsumsi Sayur Bayam Yang Tepat
Sayuran bayam ini mengandung mineral penting bagi badan kita yaitu zat besi. Zat besi yang terdapat dalam sayur bayam ion ferro. Ion ferro ini yang akan digunakan dan diserap oleh tubuh anda. Jika bayam berada di udara terbuka terlalu lama maka ion ferro ini dapat teroksidasi dan berubah menjadi ion ferri.

Nah perlu anda tahu Ion ferri inilah yang berbahaya bagi tubuh kita. Ion ferri yang termakan sebenarnya akan dirubah kembali menjadi ion ferro oleh proses metabolisme di dalam lambung. Akan tetapi mengkonsumsi ion ferri dalam jumlah besar akan memperberat kinerja lambung dalam proses mengubahnya menjadi ferro juga menimbulkan ikatan kimia yang akan mengganggu proses pengikatan oksigen oleh darah.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memperhatikan batasan asupan bayam dalam sehari-hari, Karena selain zat besi ion ferri yang perlu diperhatikan, ada juga zat nitrat yang bisa berbahaya kepada kesehatan tubuh manusia.

Selain itu juga bayam mengandung nitrat. Nitrat ini bisa terreduksi menjadi nitrit jika terlalu lama terkena udara bebas setelah dipetik. Nitrit inilah yang bersifat racun bagi tubuh anda. Nitrit di dalam tubuh akan berbahaya jika sudah berikatan dengan zat bsi, mengapa begitu?karena akan membentuk hemoglobin yang tidak dapat mengikat oksigen sehingga tubuh akan kekurangan oksigen.
Konsumsi Sayur Bayam Yang Tepat
Biasanya yang terjadi adalah, pemanasan ulang masakan bayam, padahal itu merupakan proses oksidasi dan reduksi, Maka, alangkah baiknya jika anda langsung memasak bayam yang baru dipetik dan setelah dimasak langsung dimakan untuk menghindari terjadinya proses oksidasi dan reduksi tadi.

Sebagai ibu rumah tangga yang baik, Maka perhatikan juga cara pengolahan makanan kita supaya mendapat manfaat yang baik tentunya sehat,
Konsumsi Sayur Bayam Yang Tepat | kangAli | Makanan Khas

0 komentar:

Post a Comment