Makanan Khas Tasikmalaya

Advertisement
Makanan Khas Tasikmalaya - Buat pecinta Makanan Indonesia jangan takut kelaparan jika anda bersinggah di kota tasikmalaya ini, disini berbagai panganan berseliweran seantero kota Tasik, dari makanan sampe minuman-minuman anda bisa menikmatinya, berikut adalah beberapa makanan khas tasikmalaya yang terkenal :


1. Nasi Tutug Oncom (TO)

Nasi Tutug Oncom
Nasi Tutug Oncom dalam Bahasa Sunda sering disingkat Nasi T.O yaitu makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Penyajian makanan ini umumnya dalam keadaan hangat. Secara bahasa, kata tutug dalam Bahasa Sunda artinya menumbuk. Proses aduk-tumbuk nasi dengan oncom ini menjadi nama jenis makanan yang dikenal dengan nama tutug oncom. Nasi tutug oncom menjadimakanan khas Tasikmalaya. Walaupun menjadimakanan khas, tutug oncom tidak dapat dibawa menjadi oleh-oleh karena mudah hilang cita rasanya dalam jangka waktu yang tidak lama setelah diracik.


Sate Maranggi
Sate maranggi ini juga merupakan makanan khas tasikmalaya. sate maranggi ini berbhan dasar daging sapi yang agak besar-besar. Bumbu utamanya adalah kecap dengan potongan bawang merah, cabai merah, cabai rawit, irisan tomat, serta taburan merica juga bawang goreng.juga saus kacang cocok untuk bumbunya.Cara menikmatinya yaitu di sajikan dengan nasi.


Nasi Cikur
Nasi cikur yaitu nasi goreng dengan rasa kencur sebagai bumbu utamanya. Rasanya tidak manis seperti nasi goreng pada umumnya-yang menggunakan kecap manis, tapi lebih asin gurih dan harum dengan aroma kencur yang khas. Disajikan dengan irisan telur dadar, ayam suwir, tahu goreng, serundeng dan acar wortel yang segar. Sepotong keripik tempe dijadikan pelengkap sebagai pengganti kerupuk.

Tahu Bulat
Tahu Bulat juga merupakan makanan khas daerah Tasikmalaya, yaitu sejenis tahu yang bentuknya bulat seperti bola pingpong hanya tahu ini telah dicampuri dengan bumbu-bumbu dan bahan lainnya sehingga tahu ini memiliki rasa yang gurih dan enak, rata-rata tahu bulat Tasikmalaya ini memiliki rasa ikan yang khas sehingga membuat orang-orang ketagihan.

bubur ayam tasik
Beberapa ciri khas dari bubur ayam Tasik ini dari segi teksturnya pun tidak terlalu kental, agak encer, sedangkan bubur ayam lainnya yang pernah saya jumpai biasanya mempunyai tekstur agak kental. Lalu dari segi topping pun bubur ayam khas Tasik ini mempunyai keunggulan dibandingkan dengan bubur ayam dari daerah lainnya (menurut saya). Ati ampelanya banyak, lalu cakuenya pun banyak, diberi tongcay, dan jujutan daging ayam juga taburan bawang daunnya yang cukup banyak.

Jika anda berkunjung ke tasikmalaya jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya, selain tasikmalaya makanan Makanan Khas Cianjur juga tak kalah lezatnya , kalau di tasikmalaya terkenal bubur ayamnya dengan banyaknya suwiran ayamnya , tapi bubur ayam cianjur terkenal dengan gurihnya isian kacang yang bertabur di buburnya.
Makanan Khas Tasikmalaya | kangAli | Makanan Khas

0 komentar:

Post a Comment