Makanan Khas Bondowoso Yang Terkenal

Advertisement
Makanan Khas Bondowoso Yang Terkenal - Sudah pernahkah anda ke Bondowoso? Bondowoso ini merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Bondowoso. Mengenai makanan khas Bondowoso yang terkenal yaitu tape manis Bondowoso.

Selain tape manis khas Bondowoso makanan khas yang lainya yaitu  Sambosa, pastel. abon sapi, Nah jika anda berkunjung ke Bondowoso jangan lupa untuk mencicipinya, Berikut adalah penjabaran makanan Bondowoso yang terkenal yaitu Tape Manis Bondowoso.

Makanan Khas Bondowoso Yang Terkenal

1. Tape manis Bondowoso

Makanan Khas Bondowoso Yang Terkenal
Tape manis Bondowoso ini terbuat dari bahan dasar singkong pilihan yang di difermentasikan dengan baik sehingga menghasilkan rasa yang manis dan khas Bondowoso. Cara pembuatan tape bondowoso ini awalnya  Singkong / ketela pohon dikupas terlebih dahulu lalu cuci bersih. Kemudian kukus singkong tersebut kedalam dandang tapi jangan terlalu matang. Tunggu hingga singkong dingin.

Kemudian masukkan singkong ke besek/wadah dan ditaburi ragi halus secukupnya. Selanjunya tutup kembali singkong yang sudah diragi didalam besek dengan daun pisang diatasnya.Tunggu kira-kira 2-3 hari sampai tercium aroma tape dan benar-benar matang. Dan tape manis siap di sajikan.

2. Nasi Mamong Khas Bondowoso

Nasi Mamong Khas Bondowoso

Makanan khas bondowoso dengan tampilan unik, bermula dari kebiasaan orang-orang Bondowoso yang menyukai buat bekal makanan waktu melancong jauh, terwujudlah nasi mamong. Membuatnya cukup rumit, awalannya nasi panas diangin-anginkan, setelah itu dibungkus dengan bentuk silinder, baru lalu diikat serta dikukus.

Nah dengan membuat tampilan nasi dengan tradisionil begini dapat dibuktikan nasi itu tidak gampang basi. Makanan bekal yang di buat lewat cara sesuai sama itu diktempat beda di kenal dengan nasi gulung atau nasi tabeg. Dari resep basic nasi tabeg berikut lalu terwujud resep baru dengan nama nasi mamong di Bondowoso.

Nasi mamong sedikit banyak sama juga dengan nasi tabeg, baik bahan ataupun langkah membuatnya, yang membuatnya berlainan yaitu langkah membungkusnya yang sekalian memeberikan bentuk yang berlainan. Nasi mamong bertransformasi jadi bentuk kerucut serta berbahan memakai nasi gurih atau seperti nasi uduk.

Nasi mamong, diberi nama sekian yang ini berarti nasi bingung. Mamong sesungguhnya yaitu bhs Madura yang berarti bingung. Benar-benar sangat membingungkan buat nasi mamong, nasi yang telah jadi dibuat sekali lagi serta supaya tidak gampang basi.

3. Rujak Gobet Khas Bondowoso

Rujak Gobet Khas Bondowoso

Riujak gobet khas bondowoso ini berasal dari bahan utama singkong, rujak ini memang benar-benar karya kuliner bondowoso, karena di sana merupakan penghasil singkong yang lumayan banaya, nama yang unik untuk makanan semacam rujak ya, serupa saudara donal bebek yang kaya raya itu.

Rujak gobet juga populer dengan sebutan beda yakni rujak gobit, nah yang ini serupa judul film sekuel Lord Of the Ring ya. Rujak ini yaitu kombinasi pada singkong serta mentimun yang diparut, lalu digabungkan dengan bumbu rujak yang populer di Madura yakni petis.

Berlainan dengan rjak yang lainyang umumnya dicocol, rujak gobet ini bumbunya seperti kuah, jadi bumbu petis merendam bahan singkong serta mentimun barusan. Penyajian yang begini juga akan memberi sensasi yang menygarkan, sensasi baru nikmati satu rujak bukan? Walau rujak beda begitu simpel, berlainan dengan rujak gobet yang membuatnya perlu ketelatenan. Bagaimana tidak, bila sebelumnya dibuat singkong tidak di bersihkan bersih dapat mengakibatkan sakit perut sesudah konsumsi.

4. Kopi Blangkon Khas Bondowoso

Kopi Blangkon Khas Bondowoso

Yang terakir kuliner khas bondowoso, yaitu sebuah minuman yang sudah fenomenal di indonesia, yaitu kuliner minuman kopi blangkon, Kopi memanglah sangatlah mendunia, terlebih Bondowoso yaitu satu diantara kota yang mendeklarasikan diri jadi Republik Kopi. Maksudnya tidak beda serta tidak bukanlah yaitu untuk menarik ketertarikan beberapa wisatawan untuk bertandang ke kota Bondowoso. Ada satu type olahan kopi yang begitu menarik di sini, beberapa orang mengetahui Kopi Blangkon, di Bondowoso lah aslinya guys.

Yang menjadikan kopi blangkon jadi unik yaitu ada kombinasi rempah-rempah asli Nusantara yang diguunakan untuk kombinasi kopi ini. Biasanya yang namanya serai, kayu manis, jeruk purut, kunyit serta jahe digunakan jadi bumbu masak, lha di Bondowoso jadi dipakai jadi penyedap rasa kopi, bagaimana rasa-rasanya? Bila sahabat penasaran datang saja ke Nine Coffee Roastery yang terdapat di jalan Brigol Sudarlan No. 266 Bondowoso.

Yuk ke bondowoso, dan rasakan sensasikuliner yang unik di sana, mulai dari kuliner minuman yang khas danmakanan yang di oleh dengan bahan baku asal panenan daerah Bondowoso, memang banyak makanan khas daerah di indonesia, makanan indonesia tentunya sangat sehat, di liat saja prses smua masih alami.
Makanan Khas Bondowoso Yang Terkenal | kangAli | Makanan Khas

0 komentar:

Post a Comment