Makanan Khas Cianjur

Advertisement
Makanan Khas Cianjur - Cianjur merupakan nama sebuah kota kecamatan di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota kecamatan ini adalah ibu kota Kabupaten Cianjur, Cianjur pertama kali didirikan oleh Aria Wirata Nudatar dalam legenda masyarakat Cianjur, Kanjeng Dalem Aria wiratnudatar ini adalah Dalem (Bupati) petama sekaligus juga sebagai penyebar Agama Islam di Cianjur. Cianjur juga terkenal dengan manisan, beras yang wangi dan pulen dan juga makanan ringan lainnya, juga terkenal dengan tauco, tauco merupakan makanan khas cianjur yang sangat ter kenal, berikut ini beberapa makanan yang berasal dari cianjur :

1. Tauco cianjur
tauco cianjur

Tauco adalah salah satu jenis makanan khas Cianjur yang berasal dari kebudayaan Cina. Tauco iniTerbuat dari kacang kedelai pilihan yang diproses secara tradisional, biasanya tauco di konsumsi sebagai sambal juga digunakan sebagai bumbu atau penyedap masakan lauk-pauk. Bahan baku utama tauco adalah kedelai yang kemudian diproses melalui beberapa tahapan dan difermentasi. 

2. Bubur Cianjur

bubur cianjur
Bubur cianjur ini sangat populer buat semua kalangan di indonesia, Bubur cianjur sendiri terdiri dari isian kacang, seledri, bawang goreng, suwiran daging ayam, dan kerupuk. Tak ada kuah kuning (santan), namun yang spesial, ada potongan jeroan ayam (ati, ampela, dan usus) yang telah dimasak bersama bumbu basah warna kuning dan dilengkapi dengan gorengan risol. Rasanya juga berbeda. Bubur menjadi lebih gurih dan tidak encer.jika ingin mencicipi silakan main ke cianjur.

3.Geco

geco cianjur
Geco sendiri merupakan singkatan dari Tauge dan tauco  isian geco terdiri  irisan ketupat, rebusan tauge, mie sagu, dengan siraman bumbu tauco ditumis bersama tomat, daun bawang, cabai, udang, dan kacang. Ditambah lagi dengan cuka lahang yang diperoleh dari nira aren ataupun kelapa. Diatasnya diberi topping irisan kentang goreng, tahu goreng  dan telur rebus. Rasa manis, asam yang lembut, segar dan gurih menjadi paduan yang pekat dilidah.

4. Sate Maranggi 
 
sate maranggi
Sate maranggi ialah sate daging sapi yang di bumbui dengan dengan bumbu khas, Paduan rasa yang menggoda selera ini muncul karena bumbu sate maranggi terbuat dari kecap, sambal cabai hijau ditambah sedikit cuka lahang (cuka yang terbuat dari aren). Saat disajikan, bumbu kecap itu dilengkapi dengan irisan bawang merah dan tomat segar, Biasanya sate maranggi dihidang dengan ketan bakar, sambal oncom atau nasi timbel.

Makanan indonesia yang trdapat di cianjur memang masi banyak dan menggoda selera anda , apa bila anda berkunjung ke cianjur jangan lupa untuk mencicipi makanan khas daerah tersebut, mkanan khas cianjut tak kalah enaknya dengan  Makanan Khas Bandung.
Makanan Khas Cianjur | kangAli | Makanan Khas

0 komentar:

Post a Comment