Makanan Khas Banten

Advertisement
Makanan Khas Banten  - Banten merupakan kota industri yang cukup luas, namun selain kota industri banten juga banyak menyimpan makanan khas yang cukup menggugah selera, berikut ini adalah beberapa makanan khas yang ada di banten:

1. Laksa Tangerang

Laksa Tangerang

Laksa merupakan Makanan Indonesia yang ada di tangerang banten, Laksa tangerang bahan utamanya adalah semacam bihun dan terbuat dari beras, Kemudian di siram sama kuah laksa yang dimasak dari kacang ijo, kentang, santan, kaldu ayam. Disediakan juga tambahan daging ayam kampung atau telor, Sebelum disajikan diberi taburan daun kucai yang dirajang kecil-kecil, Laksa nyai dan laksa nyonya merupakan laksa yang ada di tangerang, Laksa Nyai dibuat oleh orang pribumi tangerang sedangkan laksa nyonya dibuat oleh orang peranakan china di Tangerang.

2. Sate bandeng

Sate Bandeng

Sate Bandeng merupakan Makanan Indonesia yang menjadi makanan Khas Serang, Sate Bandeng yang amat popular itu dibuat di rumah-rumah pengrajin di kota Serang, Sate Bandeng memiliki kelebihan di banding sajian ikan yang lainnya, yang akan mengundang pembeli untuk selalu mendapatkannya jika sedang berkunjung ke serang, Berbeda dengan ikan bandeng biasa, daging sate bandeng empuk dan tidak bertulang. Karena kekhasannya, sate bandeng merupakan oleh-oleh dari Banten.

3. Sate Bebek Dari Cibeber

Sate Bebek

Sate bebek merupakan makanan khas banten yang ada di ci beber, Sate bebek  ini selalu menjadi buruan para wisatawan maupun warga lokal yang tinggal di Banten,bahan yang di gunakan untuk Sate Bebek : 500 gr daging bebek, haluskan, 3 sdm minyak goreng, untuk menumis, 5 lbr daun salam, 1 ruas jari lengkuas, memarkan, 10 lbr daun jeruk, iris halus, 3 btg serai, iris halus, 50 ml santan kental, 100 gr kelapa sedang, kupas, parut memanjang, 1 sdt penyedap rasa, jika suka, 1 sdm gula merah sisir, 1/2 sdt merica hitam, tumbuk kasar dan 30 btg serai, bersihkan, ambil bagian putihnya sedangkan bumbunya 3 siung bawang putih, 5 btr bawang merah, 1 ruas jari kunyit, 1 ruas jari jahe, 10 btr kemiri, 1 sdt ketumbar dan Garam secukupnya.

4. Nasi Sumsum 


Nasi sumsum merupakan salah satu makanan khas banten yang menjadi incaran para wisatawan terutama luar kota yang melewati kota Serang Banten, Meski nasi sumsum sudah langka namun masih ada beberapa rumah makan dan pedagang yang menjual nasi sumsum khas banten ini, memang si cara pembuatan nasi sumsum ini lumayan lama, jika ingin membuatnya sendiri ini caranya : Awal, bumbunya merupakan racikan campuran aneka macam rempah dan cabai yang di tumbuk dengan alu  hingga benar benar lembut, kemudian dicampurkan ke nasi kemudian digoreng seperti memasak nasi goreng, Usai itu nasi diletakkan di daun lalu di diberi sumsum pilihan berkualitas dan sereh. Kemudian langsung dibakar ketika pelanggan memesan. hasilnya adalah nasi gurih yang semakin gurih karena terdapat sumsum didalamnya, rasanya pun lumayan pedas jika anda tidak suka pedas.

5. Nasi uduk empal

Nasi Uduk Empal

Nasi uduk empal juga merupakan makanan indonesia yag brasal dari banten, nasi uduk empal ini banyak di temui di sepanjang jalan kota serang apalagi arah ke pasarlama dari sumur di situ banyak di temui penjual nasi uduk yang jualan di situ, Memakan nasi uduk khas Banten dengan tambahan daging empal, sangat mantap rasanya, dan biasanya dinikmati  pada waktu malam hari. Di Serang, banyak sekali pedagang yang menjajakan Nasi Uduk Empal Daging ini pada malam hari. Jika hendak berkunjung ke Serang, jangan lupa mencicipi Nasi Udukempal.

Makanan indonesia yang di banten ini memang cukup menggugah selera, jika anda berwiasata ke banten coba sendiri deh di jamin anda tanduk lagi, selain Banten makanan khas di daerah sumatra seperti Makanan Khas Aceh, Makanan Khas Sumatra Utara Yang Sangat Lezat dan Makanan Khas Sumatra Barat ini tak kalah mak nyoooss nya.
Makanan Khas Banten | Kang ali Ali | 10

0 komentar:

Post a Comment