5 Makanan Khas Jember Yang Terkenal

Advertisement
Makanan Khas Jember - Jember sendiri merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia yang beribukota di Jember. Jember ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso di utara, Kabupaten Banyuwangi di timur, Samudra Hindia di selatan, dan Kabupaten Lumajang di  sebelah barat. Kabupaten Jember ini terdiri atas 31 kecamatan.

Dulunya Kota Jember ini merupakan kota alternartif, akan tetapi sejak tahun 2001 istilah kota administratif dihapus, Maka Kota Administratif Jember kembali menjadi bagian dari Kabupaten Jember. Jember merupakan pusat regional di kawasan timur tapal kuda.

Mengenai makanan khas Jember yang beraneka ragam, di antaranya pecel gudeg, pecel pincuk gerahan, dan masih banyak lagi, nah berikut adalah beberapa 5 makanan khas Jember yang terkenal :

5 Makanan Khas Jember Yang Terkenal

1. Pecel Gudeg Khas Jember

5 Makanan Khas Jember Yang Terkenal
Pecel Gudeg Khas Jember ini merupakan perpaduan nasi gudeg campur pecel terdiri atas nasi, gudeg  dan ceceknya, sepotong daging ayam (bisa daging paha atau dada ayam), pecel (bersayur kacang panjang dan kecambah), rempeyek (yang disajikan tidak utuh besar), dan yang pasti sambal. Sesuai dengan namanya, Dalam penyajian makanan ini harus dicampur agar paduan rasa campuran pecel dan gudegnya bisa lebih terasa.

2. Pecel Pincuk Garahan Khas Jember
5 Makanan Khas Jember Yang Terkenal
Pecel Pincuk Garahan ini di sajikan menggunakan daun pisang yang di pincuk sebagai wadah. Tang menjadikan khasnya makanan ini yairu sasa pedasnya sambael kacangnya yang membuat lidah bergetar, meskipun terkenal pedasnya namun sambalnya masih terasa.

Karena bumbu pecel digerus menggunakan cobek batu atau tanah liat yang hasil gerusannya tidak sehalus menggunakan mesin. Rasa asam pedas manis begitu terasa pas di lidah karena kacang sambalnya kasar. Makanan ini biasanya disajikan dengan rebusan sayur gundo, tauge, dan kacang panjang yang direbus tidak terlalu lembek.

3.  Suwar-suwir Khas Jember
5 Makanan Khas Jember Yang Terkenal
Suwar suwir ini terbuat dari tape yang diolah dengan cara tertentu sehingga menghasilkan makanan seperti dodol namun lebih keras. Suwar suwir ini berbahan dasar tape singkong dan gula. Legit, demikian rasa yang terkandung dalam panganan itu. Awalnya suwar-suwir ini dibuat dengan campuran buah sirsak. akan tetapi di era modern ini, telah dibuat berbagai macam rasa,seperti coklat, kacang, susu dan strawberry.

4. Prol Tape Khas Jember
5 Makanan Khas Jember Yang Terkenal
Prol Tape Khas Jember ini berahan dasar tape singkong dan rasa mulai coklat, keju, kismis, dan orisinal.  Kue yang terbuat dari tepung terigu, tape singkong, susu, mentega dan telur ini rasanya rasa manis, kecut dan gurih. yang menjadikan prol tape singkongsangat khas.

5. Pia Tape Khas Jember
5 Makanan Khas Jember Yang Terkenal
Pia tape yang satu mempunyai ragam rasa mulai keju, coklat dan pisang, strawberry, bluberry. Pia yang berwarna cokelat kekuningan kalau digigit langsung terasa rasa manis tapenya dan ada tambahan asin bila rasa keju dan manis bila rasa cokelat atau pisang, Makanan ini dapat di jadikan sebagai oleh-oleh jika anda berkunjung ke jember.
5 Makanan Khas Jember Yang Terkenal | kangAli | Makanan Khas

0 komentar:

Post a Comment