6 Makanan Khas Bantul, Yogyakarta

Advertisement
6 Makanan Khas Bantul, Yogyakarta - Pernahkah anda ke bantul. ??.Di Bantul sendiri dikenal sebagai daerah yang banyak menawarkan keindahan alam dan kerajinan tangan. Namun, Bantul sendiri lebih dari sekedar Pantai Parangtritis atau pusat kerajinan tangan lainnya. Di Bntul juga terdapat makanan khas yang cukup menggugah selera, anda ingin tau makanan khas bantul ?? berikut adalah 5 makanan khas bantul:

1. Mie Lethek Khas Bantul, Yogyakarta

6 Makanan Khas Bantul, Jawa Tengah
Mie Lethek khas bantul ini  berbahan dasar dari tepung tapioka dan campuran tepung singkong.  mie ini terlihat butek dan keruh, Dengan warna gelap  dikarenakan pengolahannya yang menggunakan cara tradisional. Mie Lethek ini mempunyai rasa yang nikmat. Mie lethek ini bisa di oleh dengan cara rebus atau goreng. Olahan rebus memiliki rasa pedas yang menyegarkan. Olahan ini semakin nikmat dengan bahan pelengkap seperti suwiran ayam, seledri, bawang goreng, dan telur rebus. Sedangkan olahan goreng memiliki rasa manis yang dihasilkan dari bahan-bahan seperti kecap dan kemiri.

2. Sate Klatak Khas Bantul, Yogyakarta
6 Makanan Khas Bantul, Jawa Tengah

Sate Klatak ini bahan dasarnya adalah daging kambing, Tapi sate ini berbeda dengan sate kambing umumnya, Yang menjadikan beda yaitu peracikanbumbu klatak hanya dengan perpaduan satu bumbu yaitu garam. juga tusuk Sate Klatak terbuat dari jeruji besi. Mengapa jeruji besi yang  di gunakan? karena besi merupakan penghantar panas yang baik sehingga irisan daging sate yang berukuran besar bisa matang dengan sempurna di bagian dalamnya.

3. Geplak Khas Bantul, Yogyakarta

6 Makanan Khas Bantul, Jawa Tengah
Geplak ini terbuat dari kelapa muda, gula jawa dan tepung beras atau tepung beras ketan dan menghasilkan rasa yang manis. Geplak ini mengandung nilai gizi tinggi. Rasanya yang manis menjadikan geplak banyak mengandung nilai gizi tinggi. Menurut penelitian makanan dan gizi oleh Universitas Gadjah Mada, dalam setiap 100 gram Geplak terdapat 74 gram karbohidrat, 14 gram lemak, 10 gram air, 10 gram protein dan 2 gram kalori.

4. Peyek Tumpuk Khas Bantul, Yogyakarta

6 Makanan Khas Bantul, Jawa Tengah
Peyek tumpuk ini mempunyai Bentuk yang tidak beraturan dan berwarna putih juga membikin makanan ini beda dengan peyek biasanya, Namun meski benntuknya semrawut, peyek tumpuk ini akan membikin ketagihan karena rasanya gurih dan renyah.Warna putih dalam peyek dihasilkan oleh tepung kanji yang dicampur dalam adonan. Campuran lain seperti ketumbar, bawang, kemiri, garam, dan telur membikin peyek tumpuk semakin terasa renyah dan gurih.

5. Sayur Brongkos Khas Bantul, Yogyakarta

6 Makanan Khas Bantul, Jawa Tengah

Sayur brongkos ini menjadi salah satu warisan masakan leluhur yang masih terjaga dan menjadi salah satu jenis kuliner yang sangat familiar.  bagaimana rasanya menikmati brongkos yang konon menjadi menu favorit raja keraton bANTUL, Makanan yang terbuat dari tahu dengan paduan kacang tolo dengan perpaduan kuah santan kental dan kaldu daging segar.

6. Sambel Welud Khas Bantul, Yogyakarta

6 Makanan Khas Bantul, Jawa Tengah
Pengolahan Sambel welud ini dengan cara daging belut digoreng dengan bumbu bawang putih dan kunyit, sehingga gurihnya juga sangat terasa, bisa dipilih untuk digoreng setengah matang saja juga bisa goreng kering sesuai selera.Sambalnya terdiri dari bawang, kencur, cabai dan daun jeruk, selain itu juga ada jenis sambal yang lain, baik sambal trasi maupun sambal bawang. sambal belut ini juga dilengkapi demgam lalapan daun kemangi, kubis dan ketimun.

Nah gmana menurud anda makanan khas bantul ini, cukup menggoda selera kan? , untuk itu jika kalian pergi ke bantul jangan lewatkan menu makanan khas yang enak ini, ya sudahlah demikian dulu ya, semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang membacanya, terimakasih.
6 Makanan Khas Bantul, Yogyakarta | Kang ali Ali | 10

0 komentar:

Post a Comment