Daftar Makanan Khas Sleman, Jawa Tengah

Advertisement
Daftar Makanan Khas Sleman, Jawa Tengah - Di kabupaten Sleman tak hanya dikenal dengan obyek wisata maupun perguruan tingginya saja. Sebenarnya Sleman menyimpan potensi makanan khas yang cukup beragam dan unuik. taukan anda ,apa saja makanan khasnya sleman? Berikut ini ada beberapa makanan khas Sleman yang siap untuk di coba :

1. Jadah Tempe
Jika anda ke Sleman rasanya kurang lengkap apabila tidak mencoba makanan khas yang satu ini. Jadah tempe ini  terdiri dari dua jenis makanan yaitu jadah dan tempe. makanan khsas yang satu ini terbuat dari ketan dengan rasanya yang gurih dan sedikit asin sedangkan tempenya yaitu tempe bacem yang identik dengan rasanya yang manis. Rasa manis asin dan gurih yang menjadikan khasnya makanan ini.

2. Keripik Belut
Makanan khas Sleman yang satu ini ialah berbahan dasar belut yang ntu kayak ular. namun Jika bertanya tentang keripik belut maka hampir semua orang di Jogja akan menyebut nama Godean sebagai rujukannya. Usaha pengolahan keripik belut di Godean dimulai sejak tahun 1980. Sekarang ada sekitar 50-an orang pedagang keripik belut di Pasar Godean. Jika musim liburan, kawasan Pasar Godean selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah untuk membeli keripik belut.

3. Salak Pondoh
Salak pondoh merupakan salah satu ikon kebanggaan Sleman. Buah yang satu ini banyak ditanam dan dibudidayakan di lerang Kaliurang. Bahkan karena salak pondoh pulalah perekonomian di daerah lereng Kaliurang cukup terangkat karena sebagian besar warganya menjadi petani salak pondoh. Asal usul salak pondoh sehingga bisa dikemudian hari menjadi ikon Sleman hingga saat ini masih simpang siur. Namun dari cerita masyarakat di sekitara sana, tanaman salak pondoh sudah ada sejak jaman kolonial. nama salak pondoh sendiri beasal dari kata pondoh atau pucuk kelapa yang terbungkus pelepah. Dinamai pondoh karena salak khas Sleman ini memiliki daging yang berwarna putih dan manis seperti pondoh.

4. Sate Kelinci

Di kali urang terdapat banyak sekali makanan khas yang enak. Tak hanya Jadah tempe dan Salak Pondoh saja yang menjadi makanan khas di Kaliurang. Masih ada satu makanan khas di Kaliurang yang layak dicoba kala berwisata di sana yaitu sate kelinci. Rasa gurih dan lezatnya sate kelinci ini jika dipadukan dengan hawa dingin Kaliurang membuat sate ini laris manis oelah para wisatawan.sate ini ber bahan dasar kelinci yang berumur 4-6 bulan.

5. Ayam Goreng Kalasan
Makanan khas sleman yang terakhir yaitu Ayam Goreng Kalasan, kalasan ini merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Sleman di Daerah Istimewa Jogjakarta. Letaknya di sebelah timur Kota Yogyakarta di antara Prambanan dan bandar udara Adisucipto. Kalasan terkenal karena ayam gorengnya yang sangat nikmat. Ayam goreng sangat khas sekali karena dimasak dengan santan kelapa sehingga mempunyai rasa yang sangat enak. Ayamnya pun berasal dari jenis lokal atau biasa disebut sebagai ayam kampung dan dimasak secara utuh atau istilah jawanya ingkung.
Daftar Makanan Khas Sleman, Jawa Tengah | kangAli | Makanan Khas

0 komentar:

Post a Comment