5 Makanan Khas Pekalongan, Jawa Tengah

Advertisement
5 Makanan Khas Pekalongan, Jawa Tengah - Kabupaten Pekalongan, merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Kajen. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa dan Kota Pekalongan di utara, Kabupaten Batang di timur, Kabupaten Banjarnegara di selatan, serta Kabupaten Pemalang di barat. Pekalongan ini berada di jalur pantura yang menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya. Pekalongan ini sebenarnya menyimpan banyak makanan khasnya, makanan khasnya yang terkenal yaitu megono, dan masih banyak lainya, berikut adalah 5 makanan khas Pekalongan :

1. Megono Pekalongan
Megono Pekalongan

Megono adalah irisan nangka muda dengan bumbu sambal kelapa. megono ini memiliki rasa gurih dan pedas, umumnya dihidangkan ketika masih panas dengan menu tambahan lalapan pete serta ikan goreng, biasanya makanan ini dibuat ketika sedang hajatan yang kemudian diberikan untuk oleh-oleh para tamu undangan. Kebiasaan ini telah dilakukan turun temurun dari zaman kuno. Nasi ini dibungkus dengan daun jati atau juga bisa dengan daun pisang, atau yang biasa di sebut juga Sego gori.

2. Teuto Pekalongan
Tauto
Tauto merupakan makanan khas pekalongan sejenis Soto. Tetapi untuk tauto ini bumbunya ditambah dengan Taucho, Tauco sendiri merupakan penyedap semacam saus yang mempunyai aroma khas dan bahan pembuatnya dari kedelai yang di bacem. Seperti halnya dengan soto, Tauto juga dicampur dengan daging dan jeroan serta so’on, Tauto biasanya di gunakan pendamping nasi.

3. Iwak Panggang
Iwak Panggang
Iwak panggang ini merupakan ikan laut yang diolah dengan proses pengasapan, dengan pemanggangan ikan tersebut akan berubah warna, rasa dan aroma. Harumnya ikan panggang ini sangat khas dan banyak di temui di pasar-pasar tradisional. dalam mengolah iwak panggang ini masarakat pekalongan biasanya ikan panggang ini diolah dengan disambal, dipecak, disayur dan digoreng.

4. Kluban Bothok
Kluban Bothok
Kluban adalah urapan yang terdiri dari Kacang panjang, taoge, Kol, bayam atau kangkung dengan bumbu lombok trasi garam , dan tambah kencur dan di urap bersama parutan kelapa. Sedangkan Bothok ialah sayur Lodeh yang berisi Tahu dan Bonkrek  dengan santen encer trus di guyurkan ke sepincuk (daun pisang yang di lipet dan di semat lidi untuk tempat Kluban ). dan di tambahkan sambel gula jawa.

5. Garang Asem
Garang Asem
Garang asem ini sebenarnya Hampir sama dengan Pidang tetel,  makanan ini juga berisi tetelan daging sapi tapi kuahnya diberi banyak tomat, sehngga menjadikan rasa asam namun segar. Garang asam umumnya dicampur dengantelor, jeroan maupun daging. dan rasa khasnya adalah pedas sehingga garang asam ini rasanya tambah maknyosnya.
5 Makanan Khas Pekalongan, Jawa Tengah | Kang ali Ali | 10

0 komentar:

Post a Comment