5 Makanan Khas Kota Jogja, Jawa Tengah

Advertisement
5 Makanan Khas Kota Jogja, Jawa Tengah - Kota Yogyakarta ialah salah satu kota besar di Pulau Jawa yang merupakan ibukota dan pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sekaligus tempat kedudukan bagi Sultan Yogyakarta dan Adipati Pakualam. Salah satu kecamatan di Yogyakarta, yaitu Kotagede yang pernah menjadi pusat Kesultanan Mataram antara 1575-1640. Keraton (Istana) dan masih berfungsi dalam arti yang sesungguhnya adalah Karaton Ngayogyakarta dan Puro Pakualaman, yang merupakan pecahan dari Mataram.

Di lihat dari sejarahnya dan juga juga merupakan kota pendidikan yang mengutamakan kekayaan budaya, jogja menyimpan banyak sekali mkanan khas, makanan khas jogja yang terkenal yaitu gudeg jogja, gudeg sendiri merupakan makanan khas jogja yang terbuat dari nangak, untuk mempelajari lebih lanjut baca terus artikel ini oz jika anda berkunjung ke jogja jangan lupa untuk mencicipi/mencoba makanan kasnya. berikut ini adalah 5 makanan khas jogja yang menjadi icon makanan jogja :

1. Gudeg Jogja
5 Makanan Khas Kota Jogja, Jawa Tengah
Gudeg
Gudeg (bahasa Jawa gudheg) merupakan makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Sebenarnya perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Agar gudeng berwarna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg ini dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

2. Sup kembang waru
5 Makanan Khas Kota Jogja, Jawa Tengah
Sub Kembang Waru
Sup kembang waru ini ialah makanan yang di sajikan ketika ada hajatan-hajatan pengantin di Jogja. Tidak banyak sup ini dijual di luar acara tersebut. Sup ini disediakan oleh seorang pedagang dengan pengunjung tiap hari cukup banyak. Sup ini akan ditemukan di lantai dua bagian tengah bangunan di food court pasar beringharjo.

3. Sate Klatak
5 Makanan Khas Kota Jogja, Jawa Tengah
Sate Klatak
Sate Klathak ialah varian sate khas imogiri. Ciri khas sate ini adalah dimasak dengan menggunakan ruji sepeda tanpa bumbu apapun namun hanya garam yang dibubuhkan selama dipanggang diatas api hingga menimbulkan bunyi gemeletak. sehingga sate ini di namakan Sate Klatak.

4. Oseng-Oseng Mercon
5 Makanan Khas Kota Jogja, Jawa Tengah
Oseng-oseng Mercon
Oseng-oseng mercon khas jogja ini adalah tumis tetelan sapi yang lezat dimasak dengan cabai rawit hingga menimbulkan aroma kuat. bagi anda yang berkunjung ke jogja makanan yang super pedas ini harus anda cicipi, dengan bumbu khas dengan kepedasan yang super, menjadikan rasa mantab oseng-oseng ini.

5. Tempe Benguk
Tempe Benguk
Tempe benguk ini dibuat menggunakan biji benguk, yaitu tanaman sejenis koro yang bernama latin Mucuna Pruriens. Dalam tempe ini terdapat cita rasa gurih memikat dari santan dan bumbu yang menyerap kedalam tempe benguk. Besengek Tempe biasanya benguk akan tambah nikmat bila dinikmati bersama geblek.
5 Makanan Khas Kota Jogja, Jawa Tengah | kangAli | Makanan Khas

0 komentar:

Post a Comment