Daftar Makanan Khas Tegal Yang Terkenal

Advertisement
Daftar Makanan Khas Tegal Yang Terkenal - Tegal terkenal dengan makanan khasnya yaitu tahu aci yang terbuat dari tepung kanji. Pembuatan tahu aci ini di buat dengan cara mengisi tahu dengan tepung kanji Dan juga ada pilus yaitu makanan ringan yang terbuat dari tepung dan juga daun kucai, makanan lainya yaitu Kupat Glabhed Randugunting (ketupat yang makanya dengan kuah di kasih lauk sate kerang).

Minuman yang terkenal di adalah teh poci khas Tegal yaitu teh yang diseduh air panas dengan wadah poci terbuat dari tanah liat dan untuk pemanisnya menggunakan gula batu. sedangkan masarakat tegal biasanya untuk makan sehari-hari dengan nasi pongol, yaitu nasi di beri lauk tahu, tempe,ikan asin dan di beri oseng-oseng tempe. berikut adalah daftar makanan khas tegal yang terkenal sampai daerah lain:

1. Nasi Pongol Setan
Daftar Makanan Khas Tegal Yang Terkenal
Nasi Pongol Setan
Makanan ini merupakan makanan sehari . Namun bagi rakyat Tegal makanan ini suda-hari bagi orenag tegal asli. Bahan utama  dari masakan ini adalah ialah Tahu, Tempe, Ikan Asin Oreg Oreg. bumbunya yang memang sangat banyak dan khas membuat makanan ini terasa nikmat. makanan ini di olah dengan mencampur bahan-bahan ,memotong tahu dan tempe lalu menambahkan Tumisan. makanan ini di sebut dengan pongol setan karena pedasnya yang terasa sampai kedalam.

2. Teh Poci
Daftar Makanan Khas Tegal Yang Terkenal
Teh Poci

Teh poci merupakan minuman yang sangat favorit bagi orang tegal, minuman ini menjadi minuman khas di tegal, dan sangat di minati, pembuatan teh ini sangat unik, karena cara pembuatanya adalah dengan memasukan daun teh kedalam poci, sehingga teh ini di namakan teh poci, buat anda yang gemar minum teh belun lengkap apa bila belum mencoba teh poci ini.


Selain tahu sumedang yang merupakan makanan khas sumedang kini di Tegal juga mempunyai makanan khas Tahu Aci, makanan ini merupakan makanan khas tegal yang sangat pas untuk dijadikan oleh-oleh diantara berbagai makanan khas tegal yang lainnya . Tahu aci ini berbahan dasar tahu dan sagu. dengan teknik pmasakan tahu yang di potong-potong kemudian dalamnya di kasi aci dan di goreng.

5. Kupat Blengong
Daftar Makanan Khas Tegal Yang Terkenal
Kupat Blegong
Kupat Blengong ialah ketupat yang biasa disajikan dengan taburan kerupuk juga bawang goreng dan daging blengong goreng yang di sate dan blengong goreng sebagai lauknya. Blengong adalah unggas jantan hasil kawin antara bebek dan mentok, sehingga menghasilkan daging yang tebal dan berisi.

Selain makanan yang terkenal di atas tegal juga terdapat beberapa makanan ringan yang saat ini sudah agak langka adalah Glothak makanan ini biasanya banyak dijual saat bulan Ramadhan sebagai takjil. Ada juga kupat bongko, rujak kangkung dan rujak uleg selain itu ada juga makanan favorit anak muda yaitu olos.
Daftar Makanan Khas Tegal Yang Terkenal | kangAli | Makanan Khas

3 komentar:

  1. Saya suka banget sama tahu pletok dan teh pocinya. Kalau di bandung saya biasa menikmati nya di resto Sate Tegal Marem, Jl. Dr. Setiabudhi 136 Bandung . Soalnya dikasih gratis sampai sekarang tahu pletok dan teh pocinya.

    ReplyDelete
  2. Udah lama ga mkan2 khas tegal smenjak hidup di pangkal pinang .. kangen tegal :')

    ReplyDelete
  3. kira kira ada lagi gak ya makanan khas tegal tapi yang awet lebih dari dua hari.. misal seperti rendang

    ReplyDelete