Makanan khas Riau Yang Terkenal

Advertisement
Makanan khas Riau Yang Terkenal - Indonesia memang kaya akan masakan khasnya, kini kita akan membahas, makanan khas riau yang tak kalah popular dengan daerah sumatra lainya Makanan Khas Sumatra Selatan, Masakan Khas Jambi dan Makanan Khas Sumatra Barat, berikut aalah berbagai makanan khas yang ada di Pekan Baru riau :

1. Bolu kemojo 


Bolu kemojo adalah makanan khas pekanbaru, kue bolu ini sebelumnya di buat hanya untuk sekedar konsumsi keluarga saja, juga tidak di jual secra komersial apalagi di jual untuk oleh-oleh kota pekan baru,Namun sekarang kue ini menjadi makanan khas pekan baru, yang terkenal enaknya dan rasa yang khas, bahan yang di gunakan untuk membuat bolu ini 6 butir telur ayam, 250 gram gula pasir, 1/2 sendok teh garam, 700 ml santan dari 1 butir kelapa, 300 gram tepung terigu protein sedang, 1/2 sendok teh vanili bubuk, 200 gram margarin, dilelehkan, 1/2 sendok teh pasta pandan dan2 tetes pewarna hijau tu.

2. Mie sagu



Mie sagu adalah kuliner selingan makanan khas masyarakat di Riau khususnya masyarakat Selatpanjang, di Pulau Tebing Tinggi dan sekitarnya, Kab. Kepulauan Meranti (pecahan Kab. Bengkalis), Provinsi Riau, Indonesia. Mie Sagu sudah ada dan menjadi panganan yang di sukai masyarakat tempatan sejak zaman nenek moyang sampai dengan hari ini. Mie Sagu ini dibuat dari tepung sagu yang diolah dari batang pohon sagu, yang banyak tumbuh di daerah ini baik secara liar maupun dibudidayakan pada perkebunan rakyat, Ciri khas dari Mie Sagu buatan masyarakat Selatpanjang dan sekitarnya, terletak pada adanya tambahan ikan bilis (teri), tauge dan potongan daun kucai. Dengan pengolahan yang sempurna, Mie Sagu ini memberikan rasa yang sungguh nikmat dan memberikan sensasi apabila disajikan dalam keadaan masih hangat dan pedas, Mie Sagu merupakan Makanan Indonesia karena pohon sagu ini hanya terdapat di Indonesia, seperti daerah Maluku, Irian Jaya (Papua), dan Riau. Akan tetapi daerah yang benar-benar menjadikan sagu ini sebagai Mie adalah oleh masyarakat Selatpanjang dan sekitarnya.

3. Air mata pengantin


Minuman ini umumnya di hidangkan di pesta pernikahan atau acara-acara yang identik dengan simbol air mata bahagia, Nama es air mata pengantin ini diambil dari biji-biji selasih yang bentuknya seperti bola mata, Biji selasih adalah biji daun kemangi yang bermanfaat untuk menghilangkan panas dalam di tenggorokan, sehingga sangat cocok di nukmati pada saat udara panas.

4. Asidah


Kue Asidah ini merupakan makanan khas riau, kue ini teksturnya lembut dan memiliki rasa yang manis dengan perpaduan rasa seperti cengkeh, Dan uniknya lagi, kue ini biasa disajikan bersama dengan taburan bawang goreng.

5. Lempuk durian


Lempuk durian ini merupakan Makanan indonesia, dan menjadi olahan masakan tradisional andalan masyarakat Riau dan sekitarnya, Lempuk durian ini dibuat dengan bahan dasar Durian pilihan yang diperoleh ketika musim durian datang dan durian tersebut langsung diperoleh dari pohonnya. Lempuk durian ini juga tidak menggunakan pemanis buatan melainkan menggunakan gula pasir murni.

Demikian posting kami, sebenarnya masih banyak makanan indonesia yag ada di riau, indonesia memamang kaya akan makanan khas, untuk itu mari kita budidayakan makanan-makanan yang sudah mulai menghilang pada era moderen ini.
Makanan khas Riau Yang Terkenal | Kang ali Ali | 10

0 komentar:

Post a Comment