Makanan Khas Sumatra Selatan

Advertisement
Makanan Khas Sumatra Selatan - Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatera, Makanan khas dari provinsi ini sangat beragam seperti pempek, model, tekwan, pindang patin, pindang tulang, sambal jokjok, berengkes dan tempoyak.saya akan menulis beberapa makanan khas sumatra selatan sebagai berikut :

1. Brengkes Tempoyak

Brengkes tempoyak atau pepes daging buah durian yang di fermentasikan dengan sedikit garam, dan di simpan di dalam toples selama beberapa hari, tempoyak yang bagus di buat dengan daging durian yang sangat matang dan kering, Daging durian ini kemudian di lembutkan dengan tangandan di campur dengan sedikit garam krosok, lalu di simpan di dalam toples di beri cabe rawit untuk mempercepat fregmentasi, 
bahan yang di gunakan, 1 kg ikan patin, potong 4, 250 gr tempoyak, 1 sdt garam, 1 sdt gula merah, Bumbu halus: 8 buah cabe merah, 8 siung bawang merah,6 siung bawang putih, 3 cm jahe, 1 buah serai, ambil dalamnya yg berwarna putih.

2. Brengkes Udang


Brengkes Udang khas Palembang yang sangat terkenal di daerah tersebut, bahan-bahanBrengkes Udang adalah 100 g daun kemangi segar, siangi, 10 buah belimbing sayur, iris melintang tipis dan 1 kg udang ukuran besar, kupas dan Daun pisang, untuk membungkus. cara memasaknya









  • Campur udang dengan bumbu halus, aduk rata. Bagi menjadi 12 bagian.
  • Ambil satu helai daun pisang. Letakkan tiap bagian udang di tengah daun pisang, tambahkan daun kemangi dan belimbing sayur di atasnya. Bungkus menyerupai lontong, semat kedua ujungnya dengan lidi. Lakukan hingga semua bahan habis.
  • Kukus dalam dandang panas selama 20 menit hingga matang. Angkat. Panggang di atas bara api hingga kering dan beraroma harum. 
  • Angkat. Sajikan.
  • - See more at: http://asliresepindonesia.blogspot.com/2013/09/resep-brengkes-udang-palembang.html#sthash.qZPOvgow.dpuf
    Bumbunya 300 g tomat merah, 200 g cabai merah,100 g kemiri, 8 cm kunyit, bakar, 2 cm jahe, 6 siung bawang putih, 2 sdt terasi sangrai, 2 sdt garam dan 2 sdt gula jawa sisir halus, kemudian cara memasaknya adalah Campur udang dengan bumbu halus, aduk rata. Bagi menjadi 12 bagian, Ambil satu helai daun pisang,taruh udang di tengah daun pisang, tambahkan daun kemangi dan belimbing sayur di atasnya. Bungkus menyerupai lontong, kemidian Kukus dalam dandang panas selama 20 menit hingga matang. Angkat. Panggang di atas bara api hingga kering dan beraroma harum. dan angkat bisa di nikmmati.

    3. Gulai Malbi
     

    Malbi juga merupakan hidangan Makanan Khas Sumatra Selatan, Gulai Malbi slinya memang terdapat banyak variasi bumbu yang digunakan, ada juga berkuah pekat seperti semur daging. Menu ini biasa disajikan saat hajatan atau kenduri dan hari raya karena sangat enak dimakan bersama ketupat atau lontong. Bahan yang di gunakan untuk memasak Gulai Malbi siapkan 500 gram daging sapi, iris-iris, 1 buah kelapa tua, kupas kulit ari, parut, 4 cm jahe, 5 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 sendok teh ketumbar,
    ½ sendok teh pala halus, 3 butir cengkih, 15 gram gula merah, 15 gram asam jawa, larutkan sedikit air, garam dan kecap manis secukupnya. Cara memasaknya Peras setengah bagian kelapa parut untuk diambil airnya, sisanya disangrai lalu dihaluskan kemudian tumis bawang merah, bawang putih dan ketumbar lalu masukkan jahe, tumis hingga harum. Masukkan irisan daging, aduk lalu masak hingga kecoklatan lalu tambahkan pala halus dan cengkeh, beri sedikit air, gula merah, air asam setelah air mulai mengering. Masukkan santan, garam, kecap manis, aduk rata. Masak sebentar lalu angkat dan selamat menikmati.

    4. Ikan Peda

    Ikan Peda ini merupakan Makanan Khas Sumatra Selatan yang sangat terkenal di daerah tersebut, Ikan Peda ini kami bagikan buat anda para pecinta Masakan   Sumatera Selatan. Berikut ini bahan, bumbu dan cara membuatnya.Bahan Ikan Peda: 250 gr ikan peda asin, seduh air panas, potong 2 bagian 6 bh bawang merah, iris tipis 5 sdm minyak goreng 3 siung bawang putih, iris tipis 2 bh cabai merah, iris serong2 bh cabai hijau iris serong, 2 bh tomat hijau, potong-potong, 2 lbr daun salam, 2 cm lengkuas ,150 ml air, kemudian Goreng ikan peda sampai matang, sisihkan, Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, tomat, daun salam dan lengkuas sampai harum dan Masukkan ikan peda, aduk rata, tuang air, tutup wajan, masak sampai bumbu meresap, Masak hingga bumbunya meresap dan banyaknya air yang tersisa sesuai selera.angkat dan selamat menik mati.
    Makanan Khas Sumatra Selatan | Kang ali Ali | 10

    3 komentar: