5 Makanan Khas Bangkalan Yang Terkenal

Advertisement
5 Makanan Khas Bangkalan Yang Terkenal - Kabupaten Bangkalan adalah sebuah kabupaten di Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur, Bangkalan ini terletak di ujung paling barat Pulau Madura dengan berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Sampang di timur serta Selat Madura di selatan dan barat.

Di bangkalan ini mempunyai makanan khas, makanan khas yang tekenal di nusantara salah satunya Sate madura,soto madura,rujak madura. pernahkah anda mencicipinya? kalo belu, nerkunjung saja ke bangkalan,Tulisan selanjutnya adalah 5 makanan khas bangkalan yang terkenal sbagai berikut :

1. Topak Ladhe Bangkalan

5 Makanan Khas Bangkalan Yang Terkenal
Makanan ini biasanya disajikan saat hari besar seperti hari raya ketupat, makanan ini kuahnya dari bumbu kelapa parut dan rempah-rempah yang digiling dan lauknya dari daging sapi dengan potongan telor ayam. disajikan dengan ketupat, ditambah sayur markisa atau kacang panjang yang drebus. dengan sedikit bawang goreng dan cabai.

2. Tajin sobih Bangkalan

5 Makanan Khas Bangkalan Yang Terkenal
Tajin sobih ini merupakan jajanan khas mirip dengan bubur, tapi spesial banget. kita bisa menikmani beraneka ragam jenis bubur, ada yang merah-merah, ada yang coklat-coklat, dan ada yang putih-putih. jajanan ini dinamakan Tajin Sobih karena yang jualan kebanyakan berasal dari Desa Sobih, di dekat Bangkalan.

3. Nasi Serpang Bangkalan

5 Makanan Khas Bangkalan Yang Terkenal
Nasi serpang di masak dengan bumbu rempah-rempah khas madura. Nasi Serpang ini adalah masakan paduan dari bahan paduan bahan dari daratan juga lautan. Dari ikan laut sampai dengan daging hewan daratan. racikan smuan itu di antranya Nasi, Pepes ikan tongkol, Kerang dimasak sambal goreng, Soun bumbu kecap, Telor asin masir, Sambal terasi, Krupuk rambak bumbu rujak, Dendeng daging sapi Madura, Kripik paru dan Rempeyek ikan teri dan kacang,

4. Sate Madura

5 Makanan Khas Bangkalan Yang Terkenal
Sate ini biasanya terbuat dari ayam atau kambing. Bumbunya adalah campuran kacang yang ditumbuk halus petis dan sedikit bawang merah. Sate Bumbu sendiri, sepintas tidak jauh berbeda dengan sate-sate lain yang biasanya ada di daerah lain. Namun setiap daerah pasti punya khasnya masing-masing, Sate ayam dan yang lain langsung dipanggang atau hanya dibumbuin kecap untuk sate bumbu, sebelum dibakar daging sapi yang sudah ditusuk, dilumuri atau diolesi oleh bumbu yang terbuat dari rempah dan palawija khusus.

5. Kaldu Kokot

5 Makanan Khas Bangkalan Yang Terkenal
Makanan khas ini merupakan makanan sejenis sop dengan bahan utama kacang hijau yang di masak dengan direbus di tambahkan berbagai macam bumbu rempah-rempah khas jawa seperti bawang merah, bawang putih, jahe, pala, dan daun bawang. Makanan ini kuahnya agak kental dengan tambahan potongan kikil kaki sapi, yang suka tulang juga ada yang menyajikannya dengan tulang kaki sapi, kemudian ditambah dengan bumbu dari ulegan kacang dan petis.
5 Makanan Khas Bangkalan Yang Terkenal | kangAli | Makanan Khas

4 komentar:

  1. ada lagi gan yg cukup enak bangettt.. apalagi kalo bukan Rujak Soto Khas Bangkalan Madura dijamin maknyusss.. mantapppp!!

    ReplyDelete
  2. iya gan, rujak soto saya masukan di sini 5 Makanan Khas Pamekasan Yang Terkenal

    ReplyDelete