5 Makanan Khas Pasuruan Yang Terkenal

Advertisement
5 Makanan Khas Pasuruan Yang Terkenal - Pernahkah anda ke pasuruan? jika belum anda pasti bertanya-tanya untuk mengetahui apa yang unik di kota ini, Kabupaten Pasuruan berbatasan dengan Kabupaten Sidoarjo. Mengenai makanan khas, Di kota Pasuruan terdapat beragam makanan khas seperti yang unik seperti bipang Jangkar, roti Matahari, dan keripik singkong. Makanan khas di kota Pasuruan ini banyak digemari orang.

Karena makanan khas kota Pasuruan rasanya sangat identik dengan makanan tradisional seperti Nasi Rawon, sate Komo ( berbahan dasar daging sapi ), dan juga kupang Kraton khas kota Pasuruan, untuk mengetahui makanan khas pasuruan lebih luas, silahkan anda simak 5 makanan khas pasuruan yang terkenal di bawah ini :

1. Rawon Pasuruan

5 Makanan Khas Pasuruan Yang Terkenal

Rawon khas pasuruan ini bumbu utamanya adalah Daging dan bumbu rempah-rempah. Rawon ini disajikan dengan sambal cabe, irisan bawang, serta tauge. Rasanya yang gurih membuat banyak orang ketagihan jika menyantap masakan ini.

2. Klepon Pasuruan

5 Makanan Khas Pasuruan Yang Terkenal

Klepon khas Pasuruan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk bulatan kecil dengan isian gula merah, dibentuk bulat dan kemudian adonan klepon direbus dalam air yang mendidih. Klepon khas pasuruan ini disajikan dengan parutan kelapa di atasnya. Juga biasanya penjual kreatif menambahkan parutan keju chedar sebagai penarik minat pembeli. Dengan sensasi kenyal adonan bercampur dengan letusan gula merah yang menjadikan uniknya makanan khas ini.

3. Cenil Pasuruan


Cenil Pasuruan ini terbuat dari tepung tapioka atau ketela pohon. bentuk cenil dibentuk bulat, bulat memanjang ataupun bisa kotak dengan ragam warna cerah seperti merah, kuning dan hijau muda. Setelah dibentuk, adonan cenil kemudian direbus ke dalam air yang mendidih. Cenil ini biasanya di sajikan dengan klepon, Dengan taburan kelapa parut di atasnya.

4. Lontong Balap

5 Makanan Khas Pasuruan Yang Terkenal

Lontong balap Pasuruan ini berkuah kuning yang terbuat dari taoge dengan bumbu kunyit, daun jeruk purut, bawang putih. Biasanya lontong balap ini dihidangkan dengan irisan lontong, lento dan petis, bagi penikmat rasa pedas bisa ditambahkan beberapa cabe rawit.

5. Kupang Kraton

5 Makanan Khas Pasuruan Yang Terkenal

Kupang Kraton ini adalah sejenis kerang yang dimasak dengan campuran bumbu bawang putih, dalam penghidangan biasanya dicampur dengan petis kupang, jeruk nipis, lontong dan irisan lento, kadang ditambahkan cabe rawit, Juga bisa di tambahkan Sate Kerang sebagai lauknya.
5 Makanan Khas Pasuruan Yang Terkenal | kangAli | Makanan Khas

2 komentar:

  1. Kunjungan perdana gan..... Gambar kupangnya bikin ngiler tuh....

    ReplyDelete