18 Makanan Khas Sumenep Yang Terkenal

Advertisement
18 Makanan Khas Sumenep Yang Terkenal - Makanan sumenep sangat beragam, sebelum membahas makanan perlu anda tau daerah sumenep, Sumenep ini merupakan sebuah kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur.

Letak sumenep berada diujung timur Pulau Madura merupakan sebuah wilayah yang unik karena terdiri dari wilayah daratan dengan pulau yang tersebar berjumlah 126 pulau ( berdasarkan hasil sinkronisasi Luas Wilayah Kabupaten Sumenep ).

Dengan banyaknya pulau-pulau menjadikanya sumenep mempunyai banyak makanan khas yang harus anda cicipi di kala anda berkunjung ke sumenep, makanan yang sama dengan daerah lainya namun berbeda rasa dan diantaranya rujak cingur, kripik singkong. makanan ini sudah tak asing lagi di telinga kita.

18 Makanan Khas Sumenep Yang Terkenal
Makanan Khas Sumenep

1. Campor Khas Sumenep
Campor Khas Sumenep

Campor Khas Sumenep merupakan panganan yang terdiri dari aneka macam bahan. Campor Khas Sumenep ini terdiri dari singkong, lontong, daun bawang terdapat juga tulang muda sapi dan mie soon, di dalamnya terdapat kuah santan cair dan juga bumbu kacang sehingga makanan ini mempunyai rasa yang gurih sangat cocok untuk sarapan pagi anda.

2. Soto Madura Khas Sumenep
Soto Madura Khas Sumenep

Sudah tak asing lagi di telinga anda nama soto madura yang enak, soto madura yang di lengkapi dengan daging yang terendam dalam kuah yang bening, yang di padukan dengan lontong, tauge, bihun, ayam suwir, telur rebus, dan sayuran dan dalam penyajian,di beri kecap manis.

3. Apen Manis Khas Sumenep
Apen Manis Khas Sumenep

Apen manis ini merupakan jajanan makanan khas sumenep yang mempunyai rasa yang manis. Apen manis umumnya di sajikan menggunakan taburan gula merah. makanan ini sangat cocok sebagai temang ngopi di pagi hari.

4. Rujak cingur Khas Sumenep
Rujak cingur Khas Sumenep

Yang ke empat yaitu rujak cingur, rujak cingur ini mirip dengan rujak cingur makanan khas surabaya rujak berbahan cingur sapi, mangga, mentimun, bengkoang, dan lain-lain, ditambah sayur kecambah dan kangkung rebus. rujak ini di bumbui kacang yang sudah diulek campur petis. rujak sumenep terkesan lebih terang, karena cingurnya menggunakan petis pindang, itu yang membuat kuliner yang satu ini terasa lebih gurih.

5. Sate Madura Khas Sumenep
Sate Madura Khas Sumenep

Di indonesia sate yang sangat terkenal adalah sate madura, sate madura khas sumenep ini memang sangat enak dalam rasanya, makanan yang terbuat dari bahan dasar ayam atau kambing ini menjadi makanan wajib yang harus anda cicipi juka jalan-jalan ke sumenep.

6. Kaldu kokot Khas Sumenep

Kaldu kokot khas sumenep merupakan Kaldu yang terbuat dari kacanag hijau atau kedelai yang di masak dengan direbus dan di sajikan menggunakan daging bagian bawah dari sapi. sedangkan bumbunya menggunakan kacang yang di haluskan kemudian di tambah petis Madura.

7. Nasi romi Khas Sumenep

Nasi romi ini merupakan nasi yang di masak dengan menggunalan santan yang selanjutnya di sajikan dengan tambahan irisan telur dadar yang di campur dengan abon sapi.

8. Kalsot (kaldu soto)
9. Lontong Campor
10. Man reman
11. Macho
12. Pattola
13. Mento
14. Nasi Jagung Kuah Maronggi ( daun kelor )
15. Kripik Singkong
16. Jubada
17. Rengginang Lorjuk
18. Pokak Saripah

Nah jika anda sedang berwisata ataupun berkunjung ke rumah sanak sodara yang ada di sumenep jangan lupa mencicipi makanan khas daerah seumenep, anda orang indonesia liat makanan khas daerah di indonesia lainya hanya di makanan indonesia.
18 Makanan Khas Sumenep Yang Terkenal | kangAli | Makanan Khas

2 komentar:

  1. Yang paling sering dijumpai di banyak daerah adalah Sate Madura. Dan sate ini juga 'go internasional'.

    ReplyDelete