Daftar Makanan Khas Kudus, Jawa Tengah

Advertisement
Daftar Makanan Khas Kudus, Jawa Tengah - Kudus adalah kabupaten yang ada di jawa tengah. Mungkin jika anda mendengar nama kudus yang di ingat pasti Masjid Menara Kudus-nya, karena jika ke wali 9 pasti mampir ke Kudus, kota kudus ini juga merupakan kota industri rokok terbesar di tanah air. Begitu banyak pabrik rokok dengan berbagai merk, dari rokok kretek daerah, hingga yang ber-merk internasional. Ketika berkeliling daerah Kudus tersebut. 

Namun jangan berfikir di kudus yang ada hanya rokok, di sini juga terdapat makanan khas yang bisa menggoyang lidah lo, berikut ini daftar beberapa makanan khas yang tak boleh terlewatkan jika anda singgah ke kudus;

1. Soto Kudus

Soto Kudus sangat berbeda dengan soto di tempat daerah lain. Soto Kudus ini mempunyai banyak taburan bawang dan mempunyai rasa yang kuat. Biasanya soto Kudus disajikan dalam mangkok-mangkok kecil.

2. Lentog Tanjung

Lenthog merupakan makanan khas Kudus yang sangat popular, lontong ini terdiri dari lontong dikombinasi dengan sayur nangka dan kothokan tahu (tahu santan).

3. Sate Kerbau Kudus

Kuliner khas kudus ini ternyata menyimpan sejarah panjang, terkait akulturasi penyebaran islam di tanah jawa oleh para Wali Songo. Kala itu, masyarakat jawa di Kudus, Demak dan sekitarnya masih banyak yang memeluk hindu & budha, mereka menganggap Sapi sebagai hewan suci. Akhirnya, di gantikan dengan daging kerbau dan terwariskan hingga sekarang.

4. Pecel Pakis Colo
Pecel Pakis Colo ini berasal dari Desa Colo, karena di daerah tersebut banyak ditemukan tanaman paku-pakuan seperti tanaman pakis. sehingga oleh warga tanaman ini di jadikan bahan baku untuk membuat pecel.

5. Pindang Kerbau

Nasi pindang ini mirip Rawon, menggunakan daging kerbau atau ayam, rasanya manis dan gurih. yang menjadikan makanan ini menjadi khas.
Daftar Makanan Khas Kudus, Jawa Tengah | kangAli | Makanan Khas

0 komentar:

Post a Comment