5 Makanan Khas Solo Yang Wajib Di Cicipi, Jawa Tengah

Advertisement
5 Makanan Khas Solo Yang Wajib Di Cicipi, Jawa Tengah - Kota Solo atau Surakarta ini terletak di Jawa tengah, di Solo terkenal dengan banyaknya makanan khas tradisional. makanan khas solo/surakarta di antaranya adalah : sate kambing, nasi liwet, nasi timlo, nasi gudeg dan gudeg cakar, pecel desa, cabuk rambak, bestik Solo, selat Solo, bakso Solo, srabi, intip, tengkleng, bakpia, roti mandarin, kambing guling, sate buntel, sate kere, dll. nah untuk ngomong-ngomong soal makanan khas yang beraneka ragam berikut ini merupakan 5 makanan khas solo yang wajib anda coba :

1. Tengkleng
Tengkaleng
Tengkleng ini adalah makanan semacam gulai kambing akan tetapi kuahnya tidak memakai santan. Isi tengkleng adalah tulang-tulang kambing dengan sedikit daging yang menempel, bersama dengan usus, sate jerohan, otak dan organ-organ lain seperti mata, telinga, pipi, kaki dan lain-lain. Keunikan memakan makanan khas ini akan terasa ketika kita menggerogoti sedikit daging yang menempel pada tulang dan menghisap isinya.

2.Cabuk Rambak
Cabuk Rambak
Cabuk Rambak ini biasanya dijajakan berkeliling kampung pada hari-hari biasa. Saat perayaan sekaten makanan ini bisa dijumpai di sekitar halaman Masjid Agung Keraton. Cabuk rambak ini di sajikan dengan menu utama ketupat yang sangat khas di Solo. Di solo/surakarta ketupat sering disebut juga dengan gendar janur, bahan utamanya untuk ketupat ini adalah beras yang dimasak dalam anyaman janur / daun kelapa yang masih muda. yang menjadikan khasnya makanan ini adalah Bumbu cabuk rambak memakai wijen yang digoreng bersama santan kelapa, cabai, bawang putih, kemiri dan gula merah. biasanya makanan ini disantap dengan karak, sejenis krupuk dengan bahan dasar beras.

3. Sate Kere
Sate Kere
Sate Kere ini merupakan sate yang menggunakan bumbu tempe gembu, Tempe gembus yaitu tempe yang dibuat dari ampas kedele sisa pembuatan tahu atau bisa di sebut tempe genjos. Selain itu juga ada sate jerohan sapi, seperti paru, limpa, hati, iso, torpedo, ginjal, dan babat.Sate ini sebelum dibakar bahan makanan ini direndam dalam bumbu khas. biasanya bumbu terakir untuk menyantapnya yaitu bummbu kacang.

4. Nasi Liwet
Nasi Liwet
Nasi Liwet khas solo ini adalah beras yang dimasak denga kaldu ayam yang membuat nasi terasa gurih dan beraroma lezat. Dalam memasaknya Nasi tersebut dicampur dengan sayur labu siyam yang dimasak agak pedas, telur pindang rebus, daging ayam suwir, kumut (terbuat dari kuah santan yang dikentalkan). Nasi Liwet ini biasanya disajikan dengan daun pisang yang dibentuk pincuk sebagai piringnya.

5. Timlo Solo
Timlo Solo
Timlo Solo yang satu ini merupakan hidangan berkuah bening yang berisi sosis goreng yang dipotong-potong, telur ayam pindang dan irisan hati ampela ayam. Makanan khas ini biasanya disantap dengan nasi putih yang ditaburi bawang goreng. Uniknya makanan timlo solo tidak memakai soun dan jamur.
5 Makanan Khas Solo Yang Wajib Di Cicipi, Jawa Tengah | Kang ali Ali | 10

0 komentar:

Post a Comment