Daftar Makanan Khas Semarang Jawa Tengah Indonesia

Advertisement
Daftar Makanan Khas Semarang Jawa Tengah Indonesia - Semarang merupakan ibukota Jawa Tengahsekaligus kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelahSebagai salah satu kota paling berkembang di Pulau Jawa, Kota Semarang mempunyai jumlah penduduk yang hampir mencapai 2 juta jiwa, di Semarang tentunya banyak menyimpan makanan khas yang tak kalah dengan kota2 besar di indonesia lainya, diantaranya makanan khas semarang yang terkenal adalah:
 
  1. 1. Bandeng presto

Bandeng Presto Semarang
Meskipun bandeng presto bisa didapatkan di mana saja, tetapi rasanya lebih afdol kalau makan bandeng presto khas Semarang. Seperti pempek, makan pempek Palembang tentu rasanya lebih mantap daripada makan pempek Jogja. Rasanya mungkin tidak terlalu berbeda, tetapi kemantapan dan kepuasan hati yang membuatnya terasa lebih. 
Memang benar, lepas dari asal usul ikon makanan khasnya, bandeng presto jadi sangat mantab kalau dimakan atau didapat di Semarang. Makanan Khas ibukota Jawa Tengah ini juga salah satunya bandeng presto.
  1. 2. Lumpia Semarang
    Lumpia Semarang
  2. Lumpia Semarang adalah makanan yang paling diburu traveler saat berkunjung ke sana. Lumpia di Semarang terkenal dengan lezatnya. Lumpia tersebut adalah perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia, Tambahkan cabai dan acar asam, maka rasanya tidak akan pernah anda lupakan. 
  3.  
  4. 3. Nasi Gandul
    Nasi Gandul
  5. Nasi Gandul berwujud nasi putih hangat yang disajikan bersama lauk dari sapi, bisa daging, lidah, jeroan, paru, apapun bagian lainnya dari badan sapi. Lalu diguyur kuah campuran kaldu dan santan berwarna kecoklatan, keruh dan encer.
    Sebagai pelengkap ialah jeruk nipis, tempe yang digoreng garing serta sambal. Paling enak dinikmati sembari diselingi teh manis panas. Porsi nasi biasanya sedikit saja, dengan kuah yang ‘banjir’ diatas alas daun pisang. Karena itu wajar jika banyak pengunjung yang minta tambah hingga 3-5 piring!
    Nasi Gandul paling nikmat disantap pada malam hari. Apalagi saat hujan.
  6. 4. Tahu Gimbal
    Tahu Gimbal
  7. Tahu juga merupakan makanan khas semarang amun berbeda tempat pastinya racikan bumbu pun berbeda, hal tersebut yang membuat aneka khas daerah2 di indonesia,Racikan tahu gimbal ini terdiri dari potongan tahu goreng, lontong, tauge, telur ceplok, rajangan kubis mentah dan gimbal.  Gimbal sendiri berwujud bakwan udang. Biasanya si penjual tidak mengiris lontong, tahu dan gimbal dengan pisau, melainkan mengguntingnya dengan gunting besi bergagang hitam. Kemudian, campuran bahan itu diguyur saus kacang petis udang. 

Jika anda ber kunjung ke semarang jangan lupa untuk mencicipi mkanan khas semarang yang beraneka ragam ,bisa juga anda jadikan oleh-oleh untuk sanak keluarga di rumah.
Daftar Makanan Khas Semarang Jawa Tengah Indonesia | kangAli | Makanan Khas

0 komentar:

Post a Comment