4 Makanan Khas Magelang, Jawa Tengah

Advertisement
4 Makanan Khas Magelang, Jawa Tengah - Kota Magelang adalah ibukota dari Kabupaten Magelang sebelum mendapat kebijakan untuk mengurus rumah tangga sendiri sebagai sebuah kota baru. Kota Magelang memiliki posisi yang strategis, karena berada di jalur utama Semarang-Yogyakarta. Kota Magelang berada di 15 km sebelah Utara Kota Mungkid, 75 km sebelah selatan Semarang, dan 43 km sebelah utara Yogyakarta.

Kota Magelang terdapat beberapa makanan yang mempunyai kekhasan tersendiri, baik dari cita rasa makanan yang dihidangkan, maupun nilai historis yang dikandung di tempat tersebut. Menelusuri Kota Magelang, selayaknya anda untuk mencicipi makanan khasnya, makanan khasnya yang terkenal diantaranya yaitu Getuk, Kupat Tahu, Tape Ketan dan Wajik. 

1. Gethuk Magelang
Gethuk
Gehuk ini berbahan dasar singkong yang diramu dengan bahan alami seperti gula pasir yang berfungsi sebagai pengawet alami. Dalam pewarnaanya sendiri Getuk Magelang biasanya berwarna kecoklatan dibagian tengah dan putih kedua sisi yang lainnya. Rasanya yang manis dan legit karena gula yang dicampur dengan santan yang menambah gurih dan mantap menikmati Getuk Magelang.

2. Kupat Tahu
Tahu Kupat
Kupat tahu magelang berbahan dasar ketupat dan tahu yang dilengkapi oleh sayuran segar (kol dan kecambah) dan bakwan goreng. Kemudian disiram dengan kuah berbumbu bawang. Rasa bumbu khasnya yang menggoyang lidah. Perpaduan rasa asam dan manisnya ciamik, dijamin sueggeeerrr. Rasa pedasnya juga tidak setengah-setengah, membuat nafsu makan bertambah.

3. Tape Ketan
Tape
Tape ketan merupakan salah satu makanan tradisional Magelang yang berbahan dasar beras ketan beras ketan, untuk pembuatan tape sendiri melalui proses fermentasi yang sangat panjang dan membutuhkan waktu beberapa hari sehingga menghasilkan tape yang baik. Pada proses fermentasi inilah yang menjadi kunci utama dalam pembuatan tape, dengan bantuan sebuah jamur yaitu scharomyce cerivissiae, jamur ini berfungsi untuk mengubah kandungan karbohidrat yang ada pada bahan singkong dan beras ketan menjadi alkohol dan karbodioksida. 

4. Wajik
Wajik
Wajik ini berbahan baku utama ketan. yang dimasak menggunakan santan, gula jawa dan pandan.cara memasak Wajik Ketan memang gampang-gampang susah jika komposisi tidak pas atau pun cara memasaknya kurang tanak atau kurang matang akan menjadikan wajik tidak matang sempurna atau orang jawa menyebutnya ngletis.

Untuk anda jika berwisata ataupun berkunjung ke magelang jangan lupa untuk mencicipi makan khas magelang yang cukup populer dan terjamin ke khassanya. trimakasih semoga bermanfaat.
4 Makanan Khas Magelang, Jawa Tengah | Kang ali Ali | 10

2 komentar:

  1. Kang Ali profesinya Chef ya..? Jadi ngiler, makanan Indonesia emang mak nyuss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan mas, ane dulu waktu di pondok suka masak aja

      Delete