5 Makanan Khas Ponorogo Yang Terkenal

Advertisement
5 Makanan Khas Ponorogo Yang Terkenal - Pernahkah anda ke ponorogo? nah jika belum silahkan nerkunjung ke kota reog, di ponorogo banyak yang unik lo, Ponorogo sendiri merupakan sebuah daerah di provinsi Jawa Timur, yang merupakan sebuah daerah yang dikenal dengan julukan Kota Reog atau Bumi Reog karena ponorogo ini merupakan daerah asal dari kesenian Reog. selain itu ponorogo juga di kenal sebagai Kota Santri karena memiliki banyak pondok pesantren, salah satu yang terkenal adalah Pondok Modern Darussalam Gontor yang terletak di desa Gontor, kecamatan Mlarak.

Selain itu ponorogo juga menyimpan banyak makanan khas yang harus anda cicipi jika anda berkunjung ke ponorogo, makanan khas ponorogo diantaranya ada sate khas pono rogo, utri dan lainlain, makanan khas ini merupakan masakan yang sangat lezat juga mempunyai ciri khas unik sekali, penasaran dengan makanan khas ponorogo, nah berikut adalah 5 makanan khas ponorogo:

Makanan Khas Ponorogo Yang Terkenal

1. Sate Khas Ponorogo

Sate Khas Ponorogo
Sate khas ponorogo ini adalah selayaknya sate pada umumnya, namun yang menjadikan khas sate ponorogo ini adalah pada cara memotong dagingnya. pemotongan daging sate khas ponorogo ini dengan disayat tipis panjang menyerupai fillet, maka sate ini lebih empuk, juga lemak pada dagingnya pun bisa disisihkan. dengan Ukuran sate Ponorogo yang relatif lebih besar dengan irisan memanjang. sehingga satu tusuk sate Khas Ponorogo hanya berisi satu atau dua potong daging. Sate khas ponorogo ini dalam pembumbuanya melalui proses perendaman bumbu (dibacem) agar bumbu meresap ke dalam daging. dan alirnya menciptakan rasa yang khas dan nikmat.

2. Pecel Khas Ponorogo

Pecel Khas Ponorogo
Mendengar kata pecel bagi anda orang jawatimur pastinya sudah tak asing lagi, kali ini pecel khas ponorogo yang mempunyai cirikhas tersebdiri, bebeda dengan pecel khas kediri, pecel khas nganjuk , pecel khas ponorogo ini yang menjadikan beda pada bumbu kacangnya kental dan pedas serta mempunyai unsur rasa sangat khas dengan aroma yang kuat. Sayur-sayurannya lengkap, tauge yang digunakan bukan berasal dari kacang hijau namun dari kedelai. Umumnya dilengkapi dengan petai cina (lamtoro) dan mentimun yang diiris kecil-kecil. untuk lauknya Pecel Ponorogo ini dilengkapi dengan rempeyek atau tempe goreng. terakhir penyajianya dengan nasi kemudian sayur dan disiram sambal, diberi sayur dan sambal lagi, selanjutnya lalapan kemudian tempe goreng atau rempeyek

3. Dawet Jabung Khas Ponorogo

Dawet Jabung Khas Ponorogo
Dawet jabung ini merupakan cendol yang terbuat dari tepung aren dan tanpa bahan pewarna, sehingga menghasilkan warnanya alami. untuk kuahnya dawetnya terdiri dari santan kelapa muda yang ditambah dengan gula aren dan sedikit garam. biasanya ditambahkan tape ketan juga irisan buah nangka. penyajianya di sajikan dalam mangkok kecil dan ditambah dengan es batu. Dinamakan dawet Jabung, karena asal dari dawet ini berasal dari desa Jabung salah satu desa di kecamatan Mlarak kabupaten Ponorogo

4. Utri Khas Ponorogo

Utri Khas Ponorogo
Utri khas ponorogo ini merupakan makanan khas yang terbuat dari bahan dasar ketela pohon yang di parut, di kasih gula dan di kukus, makanan khas mempunyai rasa yang manis karena campuran gula merahnya,

5. Jenang Mirah Khas Ponorogo

Jenang mirah merupakan makanan khas ponorogo yang terbuat dari beras ketan, gula kelapa dan santan buah kelapa, tanpa bahan pengawet. Jenang Mirah ini termasuk makanan basah karena hanya tahan satu minggu saja, jenang mirah ini di namakan sesuai pembuatnya yaitu ibu Mirah.

Nah bagaimana makanan khas ponorogo di atas, sangat menggoda selera kan? untuk itu jika anda berkunjung ke ponorogo jangan lupa untuk mencicipinya, untuk anda di daerah indonesia jangan sampai melupakan makanan dari daerah asal anda, belajarlah dan keloda kemudian makanan indonesia dapat di kenal oleh dunia.
5 Makanan Khas Ponorogo Yang Terkenal | kangAli | Makanan Khas

1 komentar:

  1. blog nya bagus, kalau boleh saya ingin belajar, maklum masih pemula

    ReplyDelete