8 Makanan Khas Nganjuk Yang Terkenal

Advertisement
8 Makanan Khas Nganjuk Yang Terkenal - Pernahkah anda bepergian ke Nganjuk? Nah kali ini kita akan membahas makanan khas yang ada di nganjuk, Nganjuk sendiri adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, dengan ibukotanya di Nganjuk. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Jombang di timur, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Ponorogo di selatan, serta Kabupaten Madiun di barat. Nganjuk sendiri mempunyai sebuah julukan Kota Angin.

DI kota angin ini terdapat juga beberapa tempat wisata yang menarik di antaranya air terjin sedudo, air terjun roro kuning, candi ngetos dan lain-lain, nah jika anda bepergian ke nganjuk jangan lupa loh mencicipi makanan khasnya yang terkenal, makanan khas nganjuk yang terkenal salah satunya adalah nasi becek, dumbleg dan ada onde-onde mbledes , mari kita bahas satu persatu makanan yang terkenal di nganjuk ini.

1.  Nasi Becek Khas Nganjuk


Makanan Khas Nganjuk Yang Terkenal
Nasi becekini adalah makanan yang mirip dengan kare kambing. Isi dari sego becek ini hampir sama dengan soto babat, kalo nasi becek ini telah diberi potongan sate kambing yang telah dilucuti dari tusuk satenya. makanan ini mempunyai rasa yang mirip dengan mayoritas makanan sejenis yang berkembang di daerah Solo, Jawa Tengah. yaitu manis dan tidak asin, berbeda dengan umumnya hidangan utama ala Jawa Timuran yang cenderung asin.

2. Dumbleg Khas Nganjuk

8 Makanan Khas Nganjuk Yang Terkenal
Dumbleg inimerupakan makanan sejenis dodol yang terbuat dari ketan bisa juga tepung beras. Makanan khas yang satu ini memang mirip pudak (makanan khas Gresik) akan tetapi dumbleg ini mempunyai khasnya dalam segi rasa dan tampilannya. Rasa dumbleg ini manis legiit dan bentuknya panjang kayak lontong. Jajanan ini yang terbuat dari tepung beras, gula jawa & santan yang dibungkus dari pelepah jambe. Makanan khas ini sudah jarang di temui di kota angin, akan tetapi masih ada yang menjualnya di pasar gondang.
     
3. Onde-onde ketawa/Njeblos

8 Makanan Khas Nganjuk Yang Terkenal
Onde-onde Njeblos atau bisa di sebut onde onde ketawa ini bentuknya seperti onde-onde pada umumnya namun perbedaanya onde-onde in dalamnya tidak terdapat isi juga pecah, jadi kayak orang ketawa.

4. Nasi Pecel Nganjuk

8 Makanan Khas Nganjuk Yang Terkenal
Selain kediri nganjuk juga mempunyai makanan khas pecel, dalam segi tampilan nasi pecel nganjuk ini hampir sama dengan nasi pecel pada umumnya namun yang menjadikan khas nasi pecel nganjuk ini terdapat kulupan kembang turinya, biasaya campuan kulupnya ada banyak diantaranya ada kulup kangkung, toge, kacang panjang, kembang turi, dalam penyajianya nasi yang disiram dengan kuah sambal kacang/pecel yang di tambahkan tempe, tahu goreng serta rempeyeksebagai lauknya.

5. Nasi Tumpang Khas Nganjuk

8 Makanan Khas Nganjuk Yang Terkenal
Nasi Tumpang adalah sajian nasi yang di sajikan dengan kulup yang di lumuri sambal tumpang, tumpang sendiri merupakan sambal yang terbuat dari tempe "busuk" (tempe difermentasikan) yang dimasak dengan bumburempah-rempah, pada umumnya cara menyajikan nasi tumpang ini adalah perpaduan sambal tumpang dan pecel. tergantung selera.

6. Krupuk Upil

8 Makanan Khas Nganjuk Yang Terkenal
Krupuk Upil nganjuk ini sama dengan krupuk upil pada umumya, adalah krupuk kecil yang digoreng tanpa minyak tetapi menggunakan pasir

7. Tepo Mbah Umbruk

Tepo Mbah Umbruk merupakan makanan khas nganjuk yang Seperti lontong bungkusnya dari daun pisang bentuknya kerucut dan agak miring. Tepo mbah umbruk ini dalam penyajianya terdapat sayurnya kacang panjang tapi di ambil isinya atau disebut kacang tolo.dan bumbu dan bahan bahan lain .dan sampai saat inipun bisa dinikmati.

8. Krupuk Pecel Khas Nganjuk

8 Makanan Khas Nganjuk Yang Terkenal
Krupuk pecel khas nganjuk ini adalah krupuk bakar yang dicampur dengan sayuran, dalam penyajianya yaitu krupuk yang di atasnya di taburu sayuran yang terdiri dari capar (toge), bayam,bung (rebung), kenikir, mbayung (daun kacang) dan kacang panjang. yang kemudian atasnya di siram dengan bumbu pecel, biasanya untuk menemani makan krupuk yang khas ini di temani es rujak yang segar sekali.

Kota angin merupakan kota yang banyak angin tapi banyak juga makanan khasnya, juka anda ber kunjung ke nganjuk jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya. Simak makanan khas indonesia lainya di Makanan Khas Indonesia.
8 Makanan Khas Nganjuk Yang Terkenal | Kang ali Ali | 10

13 komentar:

  1. Jadi kangen mulih Nganjuk. Nasi Becek Dr Sutomo ....maknyusss

    ReplyDelete
  2. Enak tenan,sangat bermanfaat sebagai sumber leterasi kuliner jawa timur.

    ReplyDelete
  3. Tulisan yang bagus. Informatif. Kalau boleh usul, ditambahkan juga tempat2 lokasi warung yang recommended yang menjual makanan2 khas tersebut. Matur nuwun.

    ReplyDelete
  4. Untuk pecel yang maknyus, pecel bledek timur gedung juang. Jual pagi sampai siang...trus sore sampe malam. Asa 2 tempat, satu lagi di desa sekarputih. Buka pagi saja.

    ReplyDelete
  5. Kalo nasi becek, dimanapun di nganjuk enak semua...maknyuuzzz..
    Awas rasanya nagih banget bro semua.

    Yang terkenal emang deket perempatan DR Sutomo n A. Yani.

    ReplyDelete
  6. wah, ternyata makanan di daerahku terkenal
    kang, ijin share yoo

    ReplyDelete
  7. Wah udah lama nih saya gak makan Nasi Pecel Enak langsung keinget sama Sego Pecel gambringan khas dari Grobogan (^_^)

    ReplyDelete