5 Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Terkenal

Advertisement
5 Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Terkenal - Sebelum membahas makanannya perlu kita bahas dulu darehnya meski sedikit, setuju kan?. Sulawesi Selatan ini merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Sulawesi. Ibu kotanya adalah Makassar, kalau dahulu disebut Ujungpandang.

Sulawesi selatan bukan cuma terkenal berkat panorama alamnya yang elok dan keramahtamahan penduduknya. Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa macam makanan khas Sulawesi selatan yang terkenal lo, di bawah ini ada 5 makanan khas sulawesi selatan yang terkenal:

1. Kapurung Khas Sulawesi Selatan

5 Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Terkenal
Kapurung khas Sulawesi selatan ini terbuat dari sari atau tepung sagu. Kapurung dimasak dengan campuran ikan atau daging ayam dan aneka sayuran. Kapurung khas sulawesi selatan ini bisa ditemukan di warung-warung khusus di Makassar juga telah masuk ke beberapa restoran, bersanding dengan makanan modern.

2. Coto Makassar

5 Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Terkenal
Coto Makassar ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang cukup lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini selanjutnya diiris-iris kemudian dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Makanan ini di sajikan dalam mangkuk dan dimakan dengan ketupat dan burasa.

3. Sop Konro

 5 Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Terkenal
Sup Konro ini adalah makanan khas yang berbahan dasar iga sapi atau daging sapi. Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini biasa biasanya di sajikan dengan ketupat kecil yang dipotong-potong terlebih dahulu. Warna butek makanan khas ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam.Konro ini dimasak berkuah dalam bentuk sup dengan bumbu khas.

4. Jalangkote Sulawesi Selatan

5 Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Terkenal
Jalangkote adalah kue yang bentuknya serupa dengan kue pastel. namun jalangkote ini mempunyaikuilit yang tipis. Kulit jalangkote menggunakan bahan dasar terigu, telur, santan, mentega, garam, dan bahan-bahan tambahan lainnya dan dibuat tipis. Dan dalamnya terdapat isi yaitu yang terdiri atas wortel dan kentang yang dipotong-potong bentuk dadu dalam ukuran kecil, tauge, dan soun (laksa). Sayur-sayuran ini ditumis dengan bumbu merica, bawang putih, bawang merah, dan bumbu lainnya.

5. Mie Titi Sulawesi Selatan

5 Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Terkenal
Mie Titi ini adalah sejenis mie kering yang disajikan dengan kuah kental dan irisan ayam, udang, jamur, hati dan cumi. Awalnya nama mie titi ini adalah nama jenis makanan, akan tetapi kata titi berasal dari nama panggilan pemiliknya. Sebenarnya Mie Kering di Makassar mulai popular sejak tahun 70-an. Yang di mulai seorang keturunan Tionghoa bernama Ang Kho Tjao, yang kemudian menurunkan pengetahuan memasak mie kering kepada tiga orang anaknya yaitu Hengky, Awa dan Titi. Setelah Ang Kho Tjao meninggal dunia, usaha kedai mie kering di teruskan oleh ketiga anaknya dan semua membuka kedai sendiri. Di sulawesi selatan makasar mie titi sangat terkenal.

Untuk ifo makanan khas di indonesia, kunjugi Mangan Enak di situ ter tulis makanan khas indonesia dari sabang sampai merauke.
5 Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Terkenal | kangAli | Makanan Khas

0 komentar:

Post a Comment