5 Makanan Khas Gresik Yang Terkenal

Advertisement
5 Makanan Khas Gresik Yang Terkenal - Pernahkah anda pergi ke Gresik ??.Gresik ini selain dikenal sebagai Kota Santri, Kabupaten Gresik (Jatim) juga dikenal dengan aneka ragam jenis makanannya yang khas. Untuk makanan khas gresik yang paling terkenal ialah nasi krawu, kue pudak dan otak-otak bandeng dan masih banyak lagi.

Di kenal sebagai kota santri sehingga ketenaran nama Kota Gresik, sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Di kota yang berjarak 18 kilometer dari sebelah barat Surabaya ini terdapat makam Syeh Maulana Malik Ibrahaim atau dikenal juga dengan sebutan Sunan Giri, Yang merupakan satu dari sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Oleh sebab itu, Kota gresik di sebut dengan kota santri.

Untuk itu , berikut adalah 5 makanan khas gresik yang terkenal, ingat jika kalian berkunjung ke gresik ntah berwisata atau juga ziarah ke kota santri ini jangan lupa untuk mencicipi khasnya yang tercipta di gresik ini, untuk itu langsung saja simak penjabaran 5 makanan khas gresik di bawah ini : 

1. Nasi Krawu

5 Makanan Khas Gresik Yang Terkenal
Nasi krawu ini merupakan makanan khas dari Gresik, Jawa Timur. Nasi krawu yang merupakan makanan khas daerah tentu saja mempunyai ke khasan atau ciri-ciri yang unik, yang menjadikan khasnya makanan ini adalah nasinya yang pulen. dan disajikan dengan daun pisang. Launknya biasanya berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal terasi dan serundeng.


5 Makanan Khas Gresik Yang Terkenal
Jubung ialah makanan jajanan yang terbuat dari ketan hitam yang ditaburi wijen. Jubung ini ditempatkan dalam jubung atau selongsong warna putih kecoklatan yang terbuat dari kulit pohon pinang.


5 Makanan Khas Gresik Yang Terkenal
Sego Rumo ini terdiri dari nasi putih yang penyajianya dalam pincuk daun pisang dan ditambahkan dengan campuran daun singkong dan daun api-api rebus serta remahan krupuk atau rempeyek yang kemudian disiram dengan kuah kental serta ditaburi serundeng. Kuah kental ini bentuknya hampir menyerupai bubur sumsum namun berwarna merah dan rasanya gurih.


5 Makanan Khas Gresik Yang Terkenal
Otak-otak bandeng ini terbuat dari ikan bandeng yang dipisahkan antara kulit dan daging, kemudian dagingnya dihaluskan. Setelah itu daging bandeng diberi bumbu-bumbu khas yang sudah disiapkan, lalu dimasukkan lagi dalam badan ikan. Selanjutknya ikan dikukus hingga matang.


5 Makanan Khas Gresik Yang Terkenal
Bonggolan ini hampir mirip seperti lemper atau ada juga yang bilang mirip pempek, namun makanan jelas berbeda. Asal nama Bonggolan sendiri belum diketahui. Akan tetapi makanan ini ialah makanan khas yang mencerminkan Gresik. Makanan ini memiliki aroma khas ikan yang sedap. Dengan Bahan untuk membuat makanan yang satu ini adalah ikan mentah, tepung kanji, bawang putih,  garam, penyedap rasa jika suka dan air panas. Itulah gambaran singkat dari makanan khas yang satu ini.
5 Makanan Khas Gresik Yang Terkenal | kangAli | Makanan Khas

0 komentar:

Post a Comment