Daftar Makanan Khas Banyumas, Jawa Tengah

Advertisement
Daftar Makanan Khas Banyumas, Jawa Tengah - Kabupaten Banyumas ialah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. dengan ibu kota Purwokerto. Banyumas selain wisata alamnya yang terkenal ,makanan khasnya pun banyak yang patut untuk di coba, makanan yang popular di banyumas di antaranya adalah mendoan, Gethuk goreng, Jenang Jaket, Lanting, Mino, Nopya, Sate Ambal dan Soto Sokaraja; berikut adalah daftar makanan khas banyumas :

1. Tempe Mendoan
Tempe Mendoan
Sebenarnya mendoan dianggap berasal dari bahasa Banyumasan, mendo yang artinya setengah matang atau lembek. bahan dasar mendoan adalah tempe dan tahu sedangkan untuk adonan yaitu tempe kedelai khusus mendoan adalah tempe tipis yang berbungkus daun pisang, Tepung beras dicampur dengan sedikit tepung terigu, Daun bawang atau kucai di iris halus, Bumbu halus (garam, bawang putih, dan ketumbar), Minyak untuk menggoreng.

2. Sate Ayam
Sate Ayam
Sate sendiri merupakan makanan yang terbuat dari potongan daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuki, sate yang terkenal di Banyumas adalah sate ayam, biasaya ayam yang di gunakan untuk sate adalah ayam fillet, di karenakan dagingnya lebih banyak.

3. Soto Sokaraja
Soto Sokaraja
Soto sokaraja ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan soto-soto betawi dan lainya.soto ini mempunyai ciri khas tersendiri ciri utama dari soto ini ialah penggunaan sambal kacang dan ketupat. Soto Sokaraja ini sudah banyak dijual di luar Banyumas tetapi kalau sempat mampir ke Sokaraja, jika anda mampir ke banyumas mampir aja ke sokaraja untuk menikmati sotonya.

4. Getuk Goreng
Gethuk Goreng
Getuk Goreng  khas Sokaraja mempunyai rasa yang manis dan gurih, getuk ini terbuat dari singkong dan dibumbui gula kelapa. makanan gethuk goreng ini sangat di gemari, dengan jajanan ini yang sangat mudah di dapat di sokaraja, jadi buat anda yang berkunjung ke banyumas jangan lupa untuk mencicipinya.


5. Cimplung
Cimplung
Cimplung ialah sebuah makanan traditional dari Banyumas. Mungkin kata cimplung berasal dari kata cemplungy ang dalam bahasa Banyumasan artinya memasukan ke dalam air. Makanan Cimplung ialah makanan yang memasaknya bersamaan dengan pembuatan gula merah, gula merah yang dibuat dari air bunga kelapa atau yang disebut Nira. Bahan yang digunakan untuk membuat sangat beragam, diantaranya ketela pohon, kelapa muda, keladi.

Indonesia memang kaya ragam makanan khas, coba anda bayangkan jika makanan khasnya di kumpulkan jadi satu banyaknya kaya apa?? hmm yang pasti bayak lah, utuk itu belajarlah dengan budaya kita dan berfikirlan untuk selalu memajukan budaya.
Daftar Makanan Khas Banyumas, Jawa Tengah | kangAli | Makanan Khas

3 komentar: