5 Makanan Khas Jombang Yang Terkenal

Advertisement
5 Makanan Khas Jombang Yang Terkenal - Pernahkah anda berkunjung ke daerah jombang??, Jombang ini merupakan kabupaten yang terletak di bagian tengah Provinsi Jawa Timur. Jombang ini dikenal dengan sebutan Kota Santri, karena banyaknya sekolah pendidikan Islam di wilayahnya. Ada yang mengatakan Jombang merupakan pusat pondok pesantren di tanah Jawa karena hampir seluruh pendiri pesantren di Jawa pasti pernah berguru di Jombang.

Namun untuk pembahasan kali ini bertopik makanan khas indonesia, apa saja makanan khas di Jombang ini? pasti anda penasaran, untuk itu simak saja 5 makanan khas di jombang yang terkenal di bawah ini:

1. Kikil Khas Jombang

5 Makanan Khas Jombang Yang Terkenal
Kikil sendiri adalah kakinya sapi atau kerbau. kikil ini merupakan baan dasar makanan khas kiki jombang ini, Kikil dimasak dengan suhu tinggi dan dengan waktu yang lumayan lama, ditambah dengan bumbu-bumbu khas, dikasih santan dan bahan-bahan pendukung. Jadilah makanan khas kikil Jombang. Kikil ini akan terasa lebih enak jika dimakan pakai nasi. Untuk tambahan nasi kikil ditambah dengan kering tempe atau tahu, diberi sayur bung/bambu yang masi muda dan empal daging atau jeroan sapi yang dimasak bacem. Dalam penyajiannya menggunakan daun pisang yang dibentuk pincuk.

2. Es Degan khas Jombang

5 Makanan Khas Jombang Yang Terkenal
Es degan khas jombang ini berbahan dasar Buah dari kelapa muda yang diserut kemudian diberi gula dan es. Yang menjadikan khasnya Es degan ini mendapat bahan tambahan yang berupa nata de coco, alpukat, dan durian yang dilengkapi dengan susu cair.Tambahan-tambahan khas tersebut yang membuat es ini terasa nikmat.

3. Pecel Rengkek 

5 Makanan Khas Jombang Yang Terkenal
Pecel rengkek, pasti anda bertanya-tanya apa sih rengkek itu?? nama makanan khas pecel dini di ambil dari asal penjualnya yang kesemuanya kaum ibu paruh baya membawa semacam box yang terbuat dari kayu dan tripleks, yang orang-orang terkadang juga menyebut box ini dengan ronjot, ditaruh di atas sepeda atau sepeda motor. Tempatnya itu di namakan rengkek, Nasi pecel ini di sajika dengan pincuk yang menjadikan uniknya makanan ini.

4. Sego Sadukan

5 Makanan Khas Jombang Yang Terkenal
Sego Sadukan ini ialah nasi bungkus yang isinya sekepal nasi, ada mie, lauk tahu-tempe diiris kecil-kecil, dan kadang-kadang ada tambahan ikan teri di dalamnya. Sadhukan artinya tendangan, mungkin karena porsinya yang minimalize itulah dinamakan Sego Sadhukan, sekali tendang langsung bisa mencelat jauh atau sekali santap langsung habis.

5. Onde-onde Kacang Merah

5 Makanan Khas Jombang Yang Terkenal
Onde-onde Kacang Merah ini terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan yang ditaburi dengan wijen, untuk dalamnya diisi dengan kacang merah. Makanan khas ini sangat cocok untuk di jadikan oleh-oleh sewaktu anda berkunjung ke jombang.
5 Makanan Khas Jombang Yang Terkenal | kangAli | Makanan Khas

0 komentar:

Post a Comment