Daftar Makanan Khas Salatiga, Jawa Tengah

Advertisement
Daftar Makanan Khas Salatiga, Jawa Tengah - Kota Salatiga, merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini berbatasan sepenuhnya dengan Kabupaten Semarang. Salatiga ini mempunyai makanan khasnya diantaranya Enting-enting, Es Campur, kripik laron, Sate Suruh, Es Cendol dan Nasi Godog, masih banyak lagi.

Makanan tersebut dijajakan di sudut-sudut kota di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Sukowati. Selain makanan khas diatas, pengunjung dapat menikmati wedang rondhe dan jagung godhog (rebus) yang dijajakan di Jalan Jenderal Sudirman. Kota Salatiga juga terkenal dengan bakso babat dan Gudeg nya. Berikut adalah penjabaran makanan khas Salatiga :

1. Es Enting-enting
Es Enting-Enting
Enting-enting ini lalu dijual di toko oleh-oleh Salatiga. Enting-enting ini merupakan panganan yang sekunder di dalam masyarakat lokal. Biasanya penduduk lokal (masyarakat Salatiga) hanya membeli enting-enting untuk suguhan tamu, atau sebagai oleh-oleh bila keluar kota. Tidak setiap hari orang akan membeli enting-enting, namun makanan ini biasanya di beli oleh pelancong atau wisatawan yang datang berkunjung, selain karena terkenal nama dan mutu kualitasnya, juga karena harganya yang cukup terjangkau. Namun, belakangan ini enting-enting ini mulai banyak ditemukan di supermarket kota besar, sehingga masyarakat dapat dengan mudah mendapatkannya dengan tidak harus berkunjung ke Salatiga.

2. Es Campur
Daftar Makanan Khas Salatiga, Jawa Tengah
Es Campur
Es campur ini berisikan aneka buah kalengan (ada nanas, pepaya, dan leci), kelapa muda, tape ketan, kolang- kaling, dan cendol yang ukurannya tipis-tipis. Semua bahan tersebut dipadukan dengan es serut yang kemudian disiram dengan air gula, susu kental, dan sirup. Hasilnya adalah kombinasi rasa yang komplit. Berbagai komponen rasa dari bahan isian dan kuah Es campur bisa menyatu dengan sempurna, menghasilkan rasa dan aroma yang menyegarkan.

3. Sate Suruh
Daftar Makanan Khas Salatiga, Jawa Tengah
Sate Suruh
Sate Suruh ini sate yang berasal dari desa bernama suruh, bumbu yang di gunakan yaitu bumbu kayu manis, kunyit & kencur. Jarang-jarang kan, sate tapi menggunakan bumbu-bumbu tersebut.

untuk teman-teman yang berkunjung ke salatiga jawa tengah , jangan lupa untuk mencicipi mkanan khasnya yang super lezat, trimakasih semoga bermanfaat.
Daftar Makanan Khas Salatiga, Jawa Tengah | kangAli | Makanan Khas

0 komentar:

Post a Comment