5 Wisata Kuliner Khas Kalimantan Tengah

Advertisement
5 Wisata Kuliner Khas Kalimantan Tengah - Kalimantan Tengah merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan. Ibukotanya adalah Kota Palangka Raya, di kalimantan tengan mempunyai wisata kuliner yang terkenal diantaranya  Juhu Umbut Rotan, Juhu Umbut Sawit dan Tangkiling, makanan tersebut merupakan makanan asli orang dayak di kalimantan tengah, nah berikut adalah penjabaranya :

1. Juhu Umbut Rotan

Wisata Kuliner Kalimantan Tengah
Umbut Rotan yang merupakan kuliner yang di miliki Suku Dayak, umumnya umbut rotan dikenal dengan uwut nang'e. makanan yang berbahan dasar rotan muda ini cara pengolahanya pertama rotan muda dibersihkan kulitnya dibuang terus dipotong dalam ukuran kecil. Biasanya umbut rotan dimasak bersama dengan ikan baung dan terong asam. Kuliner yang satu ini mempunyai rasa gurih, asam, dan kepahit-pahitan yang terpadu dengan rasa manis dari daging ikan, yang menjadikan kuliner ini khas.

2. Juhu Umbut Sawit

Wisata Kuliner Kalimantan Tengah
Juhu Umbut Sawit adalah nama sayuran ini sangat asing bagi sebagian orang karena namanya yang tidak populer. namun orang pelancong yang sering ke tanah Dayak paling sering mencari sayuran ini. dan bagi suku Dayak, juhu umbut kelapa ini merupakan kuliner favorit yang wajib dihidangkan di setiap diadakan acara-acara seperti syukuran

3. Kalumpe / karuang

Wisata Kuliner Kalimantan Tengan
Kalumpe / karuang  adalah sayuran yang dibuat dari daun singkong yang ditumbuk halus. Kalumpe sebenarnya adalah bahasa Dayak Maanyan dan karuang sebutan sayur ini dalam bahasa Dayak Ngaju. dalam pengolahan kalumpe iniyaitu daun singkong ditumbuk halus dan dicampur dengan terong kecil atau terong pipit. dengan tambahan bumbu bawang merah, bawang putih, serai dan lengkuas yang dihaluskan. Apabila ingin bisa ditambahkan cabe.biasanya kuliner ini di sajikan dengan sambal terasi.

4. Wadi

5 Wisata Kuliner Kalimantan Tengan
Wadi merupakan makanan berbahan dasar ikan kadang juga memakai daging babi, Pengolahanya yaitu ikan atau daging yang hendak diolah dibersihkan terlebih dahulu, selanjutnya direndam selama 5-10 jam dalam air garam. Kemudian daging atau ikan diangkat dan dibiarkan mengering. Setelah cukup kering ikan atau daging dicampur dengan Sa'mu sampai merata. Kemudian daging disimpan dalam kotak kaca, stoples, atau plastik kedap udara yang ditutup rapat-rapat. Simpan kurang lebih selama 3-5 hari. Untuk daging disarankan simpan lebih dari 1 minggu, Setelah selesai, wadi harus diolah kembali antara lain dengan cara digoreng atau dimasak.

5. Bangamat / Paing

5 Wisata Kuliner Kalimantan Tengan
Bangamat merupakan kuliner yang dibuat dari kelelawar besar / kalong. Cara pemasakannya yaitu paing yang akan dimasak dibersihkan dengan membuang kuku, bulu kasar ditekuk dan punggung, serta ususnya, selanjutnya sayap, bulu dan dagingnya dimasak, Biasanya untuk orang Dayak Ngaju paing dimasak dengan bumbu yang lebih banyak kalau untuk Dayak Maanyan, paing dimasak dengan bumbu yaitu serai dan daun pikauk. Biasanya Paing dimasak bersama sayur hati batang pisang yang dipotong-potong, pisang yang di gunakan adalah pisang kipas. Ataupun bisa juga dimasak dengan dengan sulur keladi.

Demikian dulu mengenai kuliner khas kalimantan tengan, baca juga menhenai makanan khas yang ada di indonesia di makanan indonesia.
5 Wisata Kuliner Khas Kalimantan Tengah | kangAli | Makanan Khas

1 komentar: