Makanan Khas Lampung terpopuler

Advertisement
Makanan Khas Lampung terpopular - Lampung merupakan gabungan dari kota kembar tanjungkarang san Telukbetung yang wilayahnya cukup luas, Selain itu lampung juga mempunyai beberapa makanan khas yang terkenal dan tak kalah dengan daerah-daerah sumatra lainya, beberapa makanan khas lampung di antaranya adalah :

1. Selimpok


Selimpok adalah Makanan Indonesia yang merupakan penganan khas Lampung yang dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara direbus, bahan-bahan untuk membuat selimpok adalah : 200 gram beras ketan putih, direndam minimal 2 jam, 1/2 cup santan sedang, 5 pisang ambon matang banget, dihaluskan, 75 gram gula aren, sisir, garam secukupnya dan daun pisang untuk membungkus.

2. Seruit


Seruit yaitu masakan ikan yang di goreng atau di bakar kemudian di campur dengan sambel terasi, tempoyak , Jenis ikan adalah beberapa ikan sungai seperti belide, baung, layis dll , bahan-bahan yang di gunakan untuk seruit  500 gram ikan patin, baung, layis dll, garam secukupnya, dan jeruknipis, sedangkan bahan untuk sambalnya yaitu: 1 bungkus terasi udang, 50grm cabe keriting, 100 gr tomat ceri, 3 bawang merah, garam secukupnya, tempoyak, 1 buah mangga. dan 1 jeruk nipis, Hidangan lalapan dalam sambal seruit bisa bervariasi, namun di Lampung dikenal berbagai jenis tumbuhan yang cocok menjadi bahan lalapan. Selain timun, petai, kemangi, kol dan tomat. Namun tersedia pula lalapan jagung muda, pepaya dan adas.

3. Gabing
Gabing ialah makanan khas lampung yang terbuat dari batang kelapa muda, batang kelapa muda tersebut di potong dengan ukuran sedang setelah itu di sayur dengan kuah santan , rasa yang di berikan oleh batang kelapa ini adalah rasa manis dan gurih apa bila di gigit, rasa yang di timbulkan ialah rasa unik dan menarik.

4. Lapis Legit

Lapis legit menjadi kue utama suguhan di hari Lebaran, Kue warisan zaman kolonial ini memang tak pernah surut penggemarnya, Aroma harum bumbu spekkoek menjadi ciri khas kue lapis legit, Di zaman Belanda orang menyebut kue inispekkoek karena berlapis-lapis sehingga rupanya mirip spek alias lemak babi, Sedangkan koek berarti kue. Dari awal kue ini memang tergolong sebagai kue mewah. Untuk satu loyang lapis legit diperlukan sekitar 300 gram mentega dan 30 butir telur ayam, sedangkan tepung terigu hanya kurang lebih100 gram, Karena itu juga rasa kue ini sangat enak, lembut di lidah dengan semburat rasa manis dan aroma harum bumbu lapis legit, Untuk membuat kue ini sendiri diperlukan ketrampilan dan kesabaran karena lapisan demi lapisan harus dikerjakan dengan teliti.

5. Umbu


Umbu yaitu lalapan yang asli dari lampung, umbu ini lalapan yang terbuat dari rotan muda yang di rebus hingga lunak, umbu mempunyai rasa pahit mirip dengan pare, umbu ini di percaya dapat menambah nafsu maka, 

6. Kemplang

Kemplang merupakan kerupuk khas dari lampung, Kerupuk ini cukup unik karena tidak digoreng dengan minyak melainkan di panggang sehingga tidak mengandung minyak goreng, Keenakan Kemplang sudah sangat terkenal karena disamping gurih juga tidak mengenyangkan sehingga bisa dimakan sebagai cemilan. biasanya makan Kemplang dengan cocolan sambel atau juga dengan cuka.


Demikian pos kami semoga bermanfaat, sebenarnya makanan khas lampung masih banyak, makanan indonesia yang terdapat di daerah-daerah merupakan suatu bukti bahwa indonesia memang kaya akan kuriner.
Makanan Khas Lampung terpopuler | kangAli | Makanan Khas

3 komentar:

  1. Yuk Kakak Kunjungi Pusat Oleh-Oleh Makanan Lampung | www.makananlampung.com Menyediakan: Kerupuk Lampung, Kerupuk Cumi, Kerupuk Ikan, Keripik Pisang Aneka, Lempok, Lele Asap, Kopi Lampung, Kopi Luwak, Kopi Durian, Sambal Ikan Peda, Sambal Lampung, Sambal Ijo, Sambal Lingkung dll.

    Telah Mengirim Keseluruh Indonesia - Alamat: Jl. B. Manti 03, Kedaton Bandar Lampung - 35143

    ReplyDelete
  2. oleh-oleh Lampung Aneka Sari Rasa, di JL.Ikan Kakap no.26 & 28, Bandar Lampung, telp.(0721)-5630988

    ReplyDelete
  3. Toko pusat oleh-oleh Lampung terbesar yang menjual makanan khas Lampung, Aneka Sari Rasa di Jl.Ikan Kakap No.26 & 28, Teluk Betung, Bandar Lampung. telp.(0721)-5630988. http://anekasarirasaoleholehlampung.blogspot.co.id http://anekasarirasa.blogspot.co.id
    #Wisataoleh-oleh #oleh-oleh #oleh-olehlampung #oleh-olehbandarlampung #lampung #bandarlampung #keripik #keripikpisang #keripikpisanganeka #keripikpisanglampung #keripikpisangbandarlampung #pisang #pisanglampung #travellampung #wisatalampung #wisatabandarlampung #travelbandarlampung #lempok #lempoklampung #lempokbandarlampung #bangkokdurian #durian #durianlampung #kemplang #kerupuk #kemplanglampung #kerupuklampung #kemplangango #sambal #samballampung #sambalbandarlampung #manisan #manisanlampung #jalan-jalan #jalan-jalanlampung #hotellampung #penginapanlampung #taksilampung #pesawatlampung #kapalbakauheni #waykambas #gajahlampung #pantaikrui #pantaipasirputih #kalianda #pringsewu #tanjungkarang #telukbetung #pelabuhanpanjang #pelabuhanbakauheni #dodol #dodoldurian #emping #kopi #kopilampung #kopiluwak #salepisang #kelilinglampung #explorelampung #lampungexsplore #siger #sigerfoodies #airbnblampung #lampungshop #lampungkuliner #lampungtrip #lampungfoodies #lampungcity

    ReplyDelete