5 Makanan Khas Lamongan Yang Terkenal

Advertisement
5 Makanan Khas Lamongan Yang Terkenal - Lamongan merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Lamongan. Lamongan ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Gresik di timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di selatan, serta Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban di barat.

Mengenai makanan khas yang ada di lamongan ini, makanan khas lamongan yang sudah di kenal meluas adalah soto lamongan, selain soto juga ada yang lainya di antaranya Nasi Boranan, Rujak Cingur, Tahu lontong/tahu tek-tek dan Tahu campur lamongan. Untuk itu berikut adalah penjabaran 5 makanan khas lamongan yang terkenal :

1. Soto Lamongan

5 Makanan Khas Lamongan Yang Terkenal
Di atas sudah saya katakan makanan khas lamongan yang terkenal adalah sotonya, nah berikut saatnya membahan makanan yang paling terkenal di lamongan, Ciri khas soto lamongan ini yaitu warnanya kuning berminyak ditambah aneka rempah di dalamnya. Soto ini dikenal dengan kuahnya yang kuning bening yang dibuat dengan menggunakan bumbu halus yang terdiri atas bawang putih, merica, ketumbar sangrai, kemiri sangrai dan kunyit. Dari sinalah tercipta kuah soto lamongan yang gurih dan khas.

Dalam soto ini terdapat suwiran daging ayam, irisan kol, tomat, daun bawang, mie bihun, dan irisan telur telur ayam. Biasanya soto lamongan ini juga ditambahkan ceker ayam, kulit ayam dan sayap ayam untuk menambah kesan menariknya Soto Lamongan ini. Dan yang menjadikan Soto Lamongan punya cita  rasa yang khas dengan ditambahkannya serbuk koya yang gurih yang dibuat dari kerupuk udang yang dihaluskan kemudian ditambahkan udang kering yang dibuburkan di atas kuah soto. Serbuk inilah yang jadi ciri khas soto Lamongan. dalam penyajian soto lamongan ini ditambahan bawang goreng, jeruk nipis dan sambal.Untuk lauknya yaitu krupuk udang .

2. Nasi Boranan Lamongan

5 Makanan Khas Lamongan Yang Terkenal
Nasi boranan atau sego boranan ini merupakan makanan khas Lamongan yang terdiri dari nasi, bumbu, lauk, rempeyek (sejenis krupuk bahan bakunya dari tepung beras yang dibumbui dan digoreng). Bumbu dari nasi boranan terdiri dari rempah-rempah yang sudah di haluskan, serta lauk yang ditawarkan oleh penjual bervariasi, diantaranya daging ayam, jeroan, ikan bandeng, telur dadar, telur asin, tahu, tempe hingga ikan sili yang lebih mahal bila dibandingkan dengan lauk-lauk lainnya.

Khasnya nasi boranan yang tidak akan ditemui pada menu lainnya, yaitu empuk, pletuk, dan ikan sili. “Empuk ini dibuat dari tepung terigu yang dibumbui, Sedangkan pletuk terbuat dari nasi yang dikeringkan atau kacang, lalu dibumbui dan digoreng. Namanya diambil dari bunyi ketika makanan ini dikunyah, Nasi ini disajikan biasa dijajakan secara lesehan di sekitar kawasan pasar-pasar kota di Kabupaten Lamongan.

3. Tahu Campur Lamongan

5 Makanan Khas Lamongan Yang Terkenal
Tahu campur khas lamongan ini yaitu makanan yang terdiri atas sayuran berupa daun selada dan kecambah (toge) dipadukan dengan tahu, lontong, dan perkedel ketela pohon, bihun, serta daging sapi. Makanan khas tahu campur disajikan dengan kuah yang telah dicampur dengan petis udang.

4. Wingko Babat Lamongan

5 Makanan Khas Lamongan Yang Terkenal
Makanan kue Wingko Babat ini merupakan jajanan tradisional yang biasanya di jadikan oleh-oleh seseorang jika berkunjung ke lamongan, wingko babat sendiri adalah sejenis kue yang dibuat dari kelapa dan sejumlah bahan lainnya.

5. Bandeng Colo Lamongan

5 Makanan Khas Lamongan Yang Terkenal
Bandeng goreng dengan sambal colo-colo. Dinamakan colo-colo karena sambal pedasnya bercampur dengan rasa masam jeruk nipis.Di Lamongan, makanan ini hanya bisa dijumpai di salah satu rumah makan yang berada di Jalan Sunan Giri, Lamongan.
5 Makanan Khas Lamongan Yang Terkenal | Kang ali Ali | 10

0 komentar:

Post a Comment