5 Makanan Khas Kulon Progo, Jawa Tengah

Advertisement
5 Makanan Khas Kulon Progo, Jawa Tengah - Kabupaten Kulon Progo ini terdiri atas 12 kecamatan, yang dibagi lagi atas 88 desa dan kelurahan, Di daerah ini juga banyak menyimpan makanan khas yang unik, tentunya makanan khas di daerah ini ada juga yang di percaya dapat mengobati beberapa penyakit.

Nanumn yang paling venomenal adalah cenil, makanan kahs kulon progo yang biasanya di kemas daun pisang cenilnya pun warna warni, yuk kita intip ada apa aja sih di kulon progo? nah berikut adalah 5 makanan khas yang ada di kulon progo :

1. Peyek undur-undur

5 Makanan Khas Kulon Progo, Jawa Tengah

Peyek undur-undur bahan utamanya adalah undur-undur laut. Peyek undur-undur yang satu ini dibuat dari banyak bahan seperti tepung beras, tepung kanji,kuah santan,bawang putih,kemiri,tumbar,garam, kencur dan daun jeruk. Daun jeruk berfungsi sebagai penghilang bau amis yang terdapat pada undur-undur. Makanan khas peyek undur-undur ini di percaya berkhasiat menjaga kesehatan, menurunkan gula darah sekaligus mampu mengobati beberapa penyakit seperti diabetes meilitus dan stroke. 

2.  Geblek Kulon Progo

5 Makanan Khas Kulon Progo, Jawa Tengah

Geblek merupakan makanan kecil yang khas dari kabupaten Kulon Progo. Bahan baku makanan Geblek ini berasal dari tepung tapioka atau tepung kanji. Namun tepung tapioka yang digunakan untuk membuat Geblek adalah tepung tapioka yang basah.

3. Growol kulon progo

5 Makanan Khas Kulon Progo, Jawa Tengah

Growol ini merupakan makanan tradisional yang terbuat dari ketela yang memiliki rasa. Pembuatannya membutuhkan waktu empat hari, Dalam proses merendam ketela yang telah dikupas dan diiris kecil-kecil ke dalam air, ditiriskan serta dihancurkan, sebelum akhirnya dikukus. Growol di percaya mencegah kegemukan serta menyembuhkan penyakit maag dan penyakit gula.

4. Tempe Benguk


5 Makanan Khas Kulon Progo, Jawa Tengah

Tempe nenguk ini menggunakan bahan dasar tanaman koro / bengok. Tempe benguk mempunyai rasa yang cukup enak dan rasa yang cukup gurih yang khas, sehingga makanan ini dipopulerkan secara nasional sebagai pendamping tempe kedelai, Tempe benguk ini juga mengandung gizi yang banayk.

5. Cenil Kulon Progo

5 Makanan Khas Kulon Progo, Jawa Tengah

Cenil ini makanan khas yang terbuat dari singkong yang dikukus dan dibuat berwarna-warni agar menarik mata. Cenil ini umumnya disajikan dengan taburan kelapa parut kukus dan dibungkus dengan daun pisang.
5 Makanan Khas Kulon Progo, Jawa Tengah | kangAli | Makanan Khas

0 komentar:

Post a Comment