5 Makanan Khas Blitar Yang Terkenal

Advertisement
5 Makanan Khas Blitar Yang Terkenal - Pernahkah anda ke Kota Blitar? nah mblitar ini merupakan sebuah kota yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletakdi selatanya kota kediri.

Blitar merupakan Kota Patria, mblitar ini juga disebut sebagai Kota PETA (Pembela Tanah Air) karena di bawah kepimpinanan Suprijadi, Laskar PETA melakukan perlawanan terhadap Jepang untuk pertama kalinya pada tanggal 14 Februari 1945 yang menginspirasi timbulnya perlawanan menuju kemerdekaan di daerah lain.

Di Blitar ini juga terdapat makanan khas yang cukup unik lo, makanan khas mblitar ini yang cukup terkenal di antaranya wajik ketik, nasi pecel, peyek uceng dan masih banyak lagi, Untuk anda yang ingin mengetahui lebih lanjut silahkan simak penjabaran 5 makanan khas mblitar yang terkenal di bawah ini :

1. Sego Pecel

5 Makanan Khas Blitar Yang Terkenal
Sego pecel khas blitar ini berbeda dengan pecel khas daerah lainya, karena tekstul bumbu pecel kancangnya lebih halus, juga agak berminyak, bercita rasa manis dan gurih. Bahan utama dari sambal pecel adalah kacang tanah sangrai dan cabai rawit yang dicampur dan ditumbuk dengan bahan lainnya seperti kencur, daun jeruk purut, bawang putih, asam jawa, gula merah, dan garam. Pecel sering juga dihidangkan dengan tempe goreng, rempeyek kacang, rempeyek ebi, rempeyek kedelai.

2. Peyek uceng

5 Makanan Khas Blitar Yang Terkenal
Uceng sendiri adalah ikan air tawar yang biasanya hidup di sungai. Ikan ini bentuknya bentuknya bulat dan memanjang kira-kira sebesar jari kelingking, karena bahan dasarnya adalah ikan uceng sehingga peyek ini di namai peyek uceng, Cara pembuatan iwak peyek ini, dengan mencampurkan tepungberas, tepung sagu, santan,  daun jeruk dan uceng. untuk terakir yaitu penggorenganyaTuang adonan di pinggir wajan dan setengah lagi ada di dalam minyak.Peyek uceng ini mempunyai rasa yang gurih dan renyah.

3. Rujak Cingur

5 Makanan Khas Blitar Yang Terkenal
Rujak cingur ini merupakan makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur. Rujak cingur ini terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, kerahi, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudianditambah lontong, tahu, tempe, cingur, serta sayuran seperti kecambah/taoge,kangkung, dan kacang panjang. Semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, dan irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda biasanya yang di pakai pisang klutuk. Terakhir smua bumbu dicampur dengan cara diulek,Rujak ini mempunyai rasa yang gurih dan yang menjadikan spesial karena di campur dengan cingur.

4. Wajik Kletik

5 Makanan Khas Blitar Yang Terkenal
Wajik kletik ini terbuat dari bahan dasar gula kelapa, beras ketan dan kulit jagung untuk mengemasnya, Cara pembuatan wajik kletik ini masak gula  kelapa dan kelapa di atas api sedang hingga gula larut dan mengental. kemudian masukkan beras ketan, aduk-aduk hingga mengental.  Wajik kletik ini mempunyai rasa kletik-kletik, manis dan kasar di lidah.

5. Geti

5 Makanan Khas Blitar Yang Terkenal

Geti ini merupakan salah satu makanan khas blitar yang terbuat dari kacang, wijen, dan gula merah. Geti ini mempunyai rasa khas yang berbeda dengan produk daerah lain genti ii juga mempunyai gizi yang tinggi. Geti biasanya disuguhkan sebagai cemilan khas Blitar pada hari rayajuga pada hajatan pernikahan.
5 Makanan Khas Blitar Yang Terkenal | Kang ali Ali | 10

1 komentar:

  1. pecel dan peyek uceng sepertinya yang lebih dikenal di blitar termasuk geti dan wajik kletik. Kalau menurut sejarah, si rujak ini berasal dari surabaya ya. Team di WG Studio senengnya makan rujak dilagi pas istirahat dengan cabai paling dikit 5 :P biar greget. Cemilan yang pasti geti ya, soale sebelah WG Studio jualan :D biasanya buat suguhan para tamu atau klien yang dateng konsultasi desain rumah dengan kita

    ReplyDelete