5 Makanan Khas Pacitan Yang Terkenal

Advertisement
5 Makanan Khas Pacitan Yang Terkenal - Pernahkah anda berkunjung ke pacitan? Nah Kabupaten Pacitan ini terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. Wilayahnya pacitan berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo di utara, Kabupaten Trenggalek di timur,

Dalam hal wisatanya Pacitan juga dikenal memiliki gua-gua yang indah, diantaranya Gua Gong (Gua Terindah Se-Asia Tenggara),selain itu juga mempunyai makanan khas yang sangat menggoda selera, nah bagi anda yang berkunjung ke pacitan sangan sampai lewat makanan khasnya, berikut adalah 5 makanan khas pacitan yang terkenal:

1. Nasi tiwul khas pacitan

5 Makanan Khas Pacitan Yang Terkenal
Nasi Thiwul terbuat khas pacitan ini terbuat dari bahan dasa gaplek. Gaplek sendiri merupakan singkong yang telah dikeringkan. Nasi tiwul ini mempunyai rasa yang sangat nikmat apa lagi bila di santap waktu perut lapar, Nasi tiwul khas pacitan ini menjadi menu yang paling banyak dicari para wisatawan yang berkunjung ke Pacitan. Biasanya nasi thiwul khas pacitan ini dihidangkan bersama dengan urap dan ikan laut bakar dan di tambahkan sambalsehingga rasanya menjadi makin mantab.

2. Kupat Tahu Khas Pacitan

5 Makanan Khas Pacitan Yang Terkenal
Kupat tahu khas pacitan ini terdiri dari potongan-potongan kupat, bisa juga lontong di camour dengan tahu. Sebagai pelengkapnya di tambahkan taburan kacang goreng, seledri dan taoge terakhir disiram dengan kuah yang khas. Sebagai pelengkap makanan khas yang satu ini disantap dengan kerupuk.

3. Putri Gunung Khas Pacitan

5 Makanan Khas Pacitan Yang Terkenal
Putri Gunung khas pacitan ini berbahan dasar Ketela Pohon atau lebih dikenal dengan kalu di pacitan orang menyebutnya telo kaspe, Makanan khas Kue Putri Gunung merupakan hasil olahan sederhana dengn proses pembuatanya membutuhkan waktu hingga 7 jam. Melalui proses fermentasi karena adanya ragi tape di dalamnya yang menambah kekenyalan dan kenikmatan rasanya. makanan khas ini biasanya di santap sebagai teman minum kopi ataupun minum teh, Rasa legit dari perpaduan ketela pohon, gula jawa, santan kelapa, juga hasil fermentasi yang menjadikan khasnya makanan yang satu ini.

4. Sayur Kalakan Khas Pacitan

5 Makanan Khas Pacitan Yang Terkenal
Sayur kalakan ini berbahan dasar daging ikan kelong (hiu) yang di masukkan dalam saus santan yang mempunyai rasa pedas. biasanya sayur ini di sajikan sebagai pelengkap nasi thiwul.

5. Punten Khas Pacitan

5 Makanan Khas Pacitan Yang Terkenal
Punten ini merupakan masakan berbahan dasar beras yang diaron dengan santan dan ditumbuk halus kemudian di potong kotak-kotak. Biasanya punten kas pacitan ini dinikmati dengan cara dicolekkan pada sambal trasi. sehingga makanan ini menjadi unik dan khas.

Nah gimana mengenai makanan khas pacitan di atas? cukup khas dan unik kan. maka jika anda berwisata ke pacitan jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya, semoga 5 makanan khas pacitan ini dapat menjadi refrensi jika anda berwisata ke pacitan, untuk melihat makanan khas indonesia tetap di sini, karena menyediakan info makanan khas yang ada di indonesia dari sabang sampai merauke.
5 Makanan Khas Pacitan Yang Terkenal | kangAli | Makanan Khas

0 komentar:

Post a Comment