7 Makanan Khas Sulawesi Tenggara Yang Terkenal

Advertisement
7 Makanan Khas Sulawesi Tenggara Yang Terkenal - Indonesia memamg kaya akan makanan khasnya, mulai dari makanan khas dari sabang hingga merauke banyak sekali juga beragam hasil karya cipta makanan khas daerah.

Mulai dari sabang yang terkenal dengan kari kambing, mie aceh dll, dan menjelajah ke pulau jawa yang juga banyak sekali ragam makanan khas nya, nah kali ini kita akan membahan makanan khas Sulawesi Tenggara Yang terkenal, sudah tahukah makanan khas yang ada di Sulawesi Tenggara? mugkin bagi anda yang berasal dari daerah tersebut pasti sudah mengenal dan menjadi sajian hari-hari anda.

Untuk orang indonesia semuanya berikut ini mari kita simak makaan khas sulawesi tenggara yang terkenal, di antaranya yang paling enak adalah soami, kambalu, yang tentunya mempunyai rasa yang khas dan patut untuk di cicipi, simak berikut ini:

1. Kasoami Khas Sulawesi Tenggara (Daerah Buton dan Wakatobi)

7 Makanan Khas Sulawesi Tenggara Yang Terkenal
Makanan khas dari sulawesi tenggara yang pertama ini merupakan makanan yang terbuat dari ubi. yaitu kasoami, Kasoami ini mempunyai rasa yang khas tentunya sangat enak bila dinikmati dengan ikan asin. dalam proses membuatnya, Biasanya untuk menikmati makanan ini di santap dengan lauk Ikan kering, ikan bakar, sayuran dan bahkan bisa juga dimakan saat menikmati minuman teh.

2. Kabuto Khas Sulawesi Tenggara

7 Makanan Khas Sulawesi Tenggara Yang Terkenal
Kabuto merupakan makanan khas sulawesi tenggara yang terdapat di daerah Muna dan Buton, Makanan ini terbuat dari bahan dasar ubi kayu atau singkong yang telah dikeringkan dan dibiarkan berjamur. Dalam jangkau lama disimpan dalam keadaan kering maka akan makin enak rasa dan aroma makanan ini kala disantap. Untuk menambah gurih biasanya dicampur kelapa parut dan ditambah menu ikan asin goreng sebagai lauknya.

3. Lapa-lapa Khas Sulawesi Tenggara

7 Makanan Khas Sulawesi Tenggara Yang Terkenal
Lapa-lapa ini makanan khas sulawesi tenggara yang mempunyai cita rasa gurih, sebagai pelengkap biasanya lapa-lapa ini di santap dengan ikan kaholeonarore (ikan asin), dalam pengolahan lapa-lapa ini berasnya dimasak bersama-sama santan, hingga setengah matang kemudian diangkat dan didinginkan, kemudian direbus namun sebelum di rebus di bungkus dulu pake janyr..

4. Luluta Khas Sulawesi Tenggara (Daerah Wangi-wangi)
5. Heb'atu Khas Sulawesi Tenggara (Daerah Wangi-wangi)
6. Gule-gule Khas Sulawesi Tenggara (Daerah Wangi-wangi)
7. Susuru Khas Sulawesi Tenggara (Daerah Wangi-wangi)

8. Sinonggi Khas Sulawesi Tenggara

Sinonggi Khas Sulawesi Tenggara
Sinonggi ini merupakan makanan khas suku Tolaki dari Sulawesi Tenggara yang terbuat dari pati sari sagu. Suku Tolaki ini mempunyai tradisi menyantap sinonggi bersama-sama yang disebut mosonggi. Bagi Suku Tolaki, sinonggi adalah makanan pokok yang sekarang telah mengalami pergeseran makna dan bersaing dengan nasi.

9. Sate Gogos Pokea Khas Sulawesi Tenggara

Sate Gogos Pokea Khas Sulawesi Tenggara
Sate gogos pokea adalah sate yang terbuat dari bahan dasar kerang, nama pokea sendiri merupakan nama lokal untuk kerang. sate kerang ini disajikan memakai bumbu apa apa (hanya kerang rebus lalu ditusuk bambu) atau kadang dibuat seperti bumbu bacem manis. Tapi sate pokea memakai bumbu dan agak pedas.

Nah cukup banyak kan makanan khas yang ada di sulawesi tenggara, jika anda berkunjung ke sulawesi jangan lupa untuk mencicipinya, namun bagi masyarakat yang ada di sulawesi tenggara kami berharap terus mempertahankan makanan khas di daerahnya.

Untuk melengkapi penjelasan tentang makanan khas yang ada di sulawesi tenggara, untuk anda penduduk asli kami harap bisa memberi ulasan tentang makanan khas di daerahnya dan akan di kumpaulkan sebagai Makanan indonesia, dan hubungi kontak kami.
7 Makanan Khas Sulawesi Tenggara Yang Terkenal | kangAli | Makanan Khas

3 komentar: