5 Makanan Khas Pamekasan Yang Terkenal

Advertisement
5 Makanan Khas Pamekasan Yang Terkenal - Selamat pagi siang malam sahabat pecinta makanankhas di manapun anda berada, setelah sekian banyak makanan khas yang kita bahas dan saat ini tiba untuk membahas makanan khas pamekasan, anda sudah pernah berkunjung ke kabu paten pamekasan apa belum? Kabupaten Pamekasan sendiri merupakan sebuah kabupaten di Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya sendiri adalah Pamekasan.

Kabupaten pamekasan ini menyimpan banyak sekali makanan khas yang harus di cicipi pada waktu anda berkunjung ke pamekasan, dengan ragam olahan seperti sajian lezat seperti sate lalat, soto lorjuk dll, merupakan masakan yang di olah dengan cirikhas daerah pamekasan. pengen tau lebih detail mengenai makana khas pamekasan ini? simak 5 makanan khas pamekasa yang terkenal di bawah ini.

1. Sate Lalat Khas Pamekasan

5 Makanan Khas Pamekasan Yang Terkenal
Jika mendenger lalat pasti anda berfikir bahwa makanan ini terbuat dari lalat, namu sebenarnya Sate Lalat ini bukan lalat yang disate, Namun sate lalat ini adalah sate yang seperti pada umumnya, yaitu sate daging biasa (ayam, kambing, sapi) yang di tusuk kecil2 pake lidi, sate ini yang menjadi unuknya yaitu potongan dagingnya kecil-kecil menyerupai lalat, Dalam penyajian sate ini biasanya di sajika dengan irisan lontong.

2. Soto Lorjuk Khas Pamekasan

5 Makanan Khas Pamekasan Yang Terkenal
Soto lorjuk khas pamekasan ini merupakan soto yang penyajiannya dicampur lorjuk namun sebenarnya soto ini tidak jauh beda dengan soto pada biasanya yaitu penyajian degan lontong, mihun, kecambah goreng dan rebus, remasan rempeyek dan ditaburi bawang goreng. akan tetapi yang menjadikan khanya soto ini di campur lorjuk dengan yang lain adalah buburan kerang lorjuk yang kemudian disiram dengan kuah gurih dan petis yang juga terbuat dari kerang lorjuk.

3. Kerupuk Raksasa Khas Pamekasan

5 Makanan Khas Pamekasan Yang Terkenal
Kerupuk raksasa khas Pamekasan ini mempunyai ukuran sangat besar, Ukuran kerupuk raksasa ini paling kecil adalah 60 x 40 cm. Itu pun jika belum digoreng. Namun setelah digoreng ukuran kerupuk raksasa khas pamekasan ini bisa sebesar meja makan.

4. Keripik Tette dan Petis Ikan Khas Pamekasan

5 Makanan Khas Pamekasan Yang Terkenal
Keripik tette khas pamekasan ini keripik yang terbuat dari bahan dasar singkong. awalnya singkong yang udah di kukus ditumbuk dan ditipiskan, sedangkan petisnya dari ikan tuna atau ikan cakalan. nah kalau keduanya di jadikan satu bakal merasakan kelezatan yang luarbiasa.

5. Rujak Tajin Khas Pamekasan

5 Makanan Khas Pamekasan Yang Terkenal
Rujak tajin khas pamekasan ini adalah, Bubur beras yang dimasak dengan santan sampai lunak yang kemudian ditambahkan irisan bawang daun (bukan bawang prei) dan sedikit garam, Untuk bumbu rujaknya sendiri dari Petis Ikan yang diulek dengan cabe rawit, yang di tambahkan sedikit garam dan gula, sebagai tambahan aga rujak tajin ini semakin mak nyos bisa ditambahkan tomat, cacahan timun dan tauge matang. yang terahir guyur dengan Bumbu rujaknya.

Bagi anda yang berkunjung ke daerah Pamekasan jangan lewatkan makanan khas pamekasan yang dapat menggoyang lidah anda, selain pamekasan ada juga makanan khas bangkalan yang terkenal, dan masih banyak lagi mengenai Makanan Indonesia.
5 Makanan Khas Pamekasan Yang Terkenal | kangAli | Makanan Khas

1 komentar:

  1. trimakasih infonya...
    sangat menarik dan bermanfaat...
    mantap...

    ReplyDelete