12 Makanan Khas Maluku Yang Terkenal

Advertisement
12 Makanan Khas Maluku Yang Terkenal - Pernahkah anda ke maluku? Maluku sendiri merupakan daerah yang dikenal secara internasional sebagai Moluccas dan Molukken adalah provinsi tertua yang ada di Indonesia, lintasan sejarah Maluku telah dimulai sejak zaman kerajaan-kerajaan besar di Timur Tengah seperti kerajaan Mesir yang dipimpin Firaun.

Nah kali ini kita akan membahan makanan khas yang ada di maluku, sudah selayaknya maluku mempunyai aneka ragam makanan khas, karena di lihat dari sejarah maluku merupakan daerah yang terkenal sampai internasional, langsung saja mengenai makanan khas berikut adalah 12 makanan khas maluku yang terkenal.

1. Gohu Ikan Khas Maluku

Makanan Khas Maluku Yang Terkenal
Gohu Ikan Khas Maluku ini merupakan makanan khas yang berbahan dasar dari ikan tuna mentah. biasanya orang menyebutnya sebagai sashimi Ternate. dengan cara pembuatan daging tuna segar dipotong kecil-kecil, dicuci, kemudian dilumuri dengan garam dan perasan lemon cui, selanjutnya dicampur dengan rajangan kasar daun balakama (kemangi). selanjutnya bawang merah dan cabe rawit, lalu ditumis dengan minyak kelapa. Minyak kelapa panas dengan bawang merah dan cabe rawit ini kemudian dituangkan ke potongan ikan tuna mentah, diikuti dengan taburan kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar.

2. Gatang Kenari Khas Maluku

Makanan Khas Maluku Yang Terkenal
Gatang Kenari Khas Maluku ini merupakan makanan Khas Maluku Utara yang sangat terkenal, atau yang biasa di sebut ketam kenari, Kepiting kenari sendiri merupakan satwa darat yang pintar memetik dan mengupas buah kelapa, serta menjadikannya makanan kegemaran mereka. Karena itulah kepiting kenari ini mempunyai rasa yang lebih gurih dan manis daripada kepiting biasa.

3. Halua Kenari Khas Maluku

Makanan Khas Maluku Yang Terkenal
Halua Kenari ini merupakan cemilan manis yang yang sangat enak sehingga banyak di sukai.Makanan cemilan ini terkenal dengan rasanya yang manis dengan cita rasanya yang khas.

4. Papeda Khas Maluku

Makanan Khas Maluku Yang Terkenal
Papeda merupakan makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan makanan khas Papua yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit. Papeda berwarna putih dan maknan ini bertekstur lengket yang mirip lem dengan rasa yang tawar. namun sebenarnya papeda merupakan makanan yang kaya serat, rendah kolesterol dan cukup bernutrisi.

5. Nasi Jaha Khas Maluku

Makanan Khas Maluku Yang Terkenal
Nasi Jaha adalah makanan tradisional di Maluku Utara. Biasanya makanan khas Maluku Utara terbuat dari beras biasa dan beras pulo (ketan) dengan santan kelapa dengan berukuran 30-50 cm. Bahkan ada yang mencapai 1 meter, semuanya dilihat dari panjang bulu (bambu) yang dipakai sebagai perlengkapan pembuatan makanan ini

6. Ikan Kuah Pala Banda

Makanan Khas Maluku Yang Terkenal
Makanan ini merupakan makanan asli masyarakat di Kepulauan Banda. Pulau Banda memang dikenal karena rempah-rempahnya. keenakan kuah pala ini sudah dikenal sejak berabad-abad lalu. Bahkan, juga selalu disajikan untuk menjamu para petinggi Belanda yang datang ke Banda. Kuah sopnya terasa sangat segar, juga rasa asam bercampur dengan pedas dari buah pala. Ikan kuah pala ini biasanya disajikan dengan urap daun papaya, ikan kakap merah bakar, dan sambal bekasang yang dibuat dari ikan cakalang tumbuk.

7. Nasi Lapola Khas Maluku

Makanan Khas Maluku Yang Terkenal
Nasi lapola adalah makanan khas Maluku yang di olah dengan menggunakan kacang tolo. Beras yang dimasak dengan api kecil sampai setengah matang yang kemudian dicampurkan dengan kacang tolo rebus, kelapa parut, dan garam, lalu diaduk rata. Setelah itu adonan nasi lapola ini dikukus hingga matang.

8. Ikan Komu Asar

Makanan ini adalah ikan cakalang yang dimasak dengan cara ditusuk dengan bamboo lalu diasap selama kira-kira satu jam. umumnya ikan asar dibuat dari ikan tongkol atau ikan tuna. Ikan komu asar ini cocok disantap dengan nasi dan sambal colo-colo.

9. Sagu woku komo-komo

Makanan ini menggunakan bahan dasar sagu yang direndam dalam air dingin selama satu jam. kemudian bumbu-bumbu seperti bawang putih, serai, dan jahe ditumis. dan jeroan ikan dan air dimasukkan dan dimasak sampai matang. Seterusnya, bawang merah dan bawang putih ditumis hingga kecoklatan. Masukkan santan kelapa cair dan sagu, masak hingga mengering. Tambahkan santan kental, garam, merica, dan irisan daun bawang. Setelah matang, sagu didinginkan terlebih dahulu. Jeroan ikan dipotong bentuk dadu. Lalu, sagu dan jeroan ikan yang telah dipotong-potong dimasukkan ke dalam daun woka. Terakhir, bungkusan daun woka ini lalu dipanggang dengan bara api hingga kering dan matang, makanan ini adala lauk utama di maluku.

10. Sambal Colo Colo

Sambal colo-colo ini merupakan sambal khas yang terkenal sangat pedas rasanya. Sambal ini merupakan sajian wajib bagi masyarakat Maluku. Sambal ini terbuat dari tomat muda, bawang merah, dan cabe rawit yang diiris tipis lalu diberi taburan garam dan disiram jeruk nipis. Tanpa diulek. Sambal colo-colo ini juga dapat ditambahkan dengan daun kemangi, irisan kenari mentah, atau rarobang. biasanya juga di tambahkan kecap manis.

11. Bubur Sagu Ubi

Bubur sagu ubi merupakan makanan khas yang berbahan dasar sagu, pembuatanya yaitu sagu lempengan direndam dalam air hingga mengembang. Setelah itu airnya dibuang dan ditiriskan. Lalu, rebus gula merah, gula pasir dan daun pandan dalam air hingga gula larut. Setelah itu air gula ini dicampurkan dengan sagu yang telah lunak dan ubi merah rebus. Bubur sagu ubi yang diberi santan kental dan taburan kenari siap di sajikan.

12. Kopi Sibu-sibu

Kopi sibu-sibu ini adalah kopi yang berasal dari kopi jenis robusta yang dihaluskan dengan cara tradisional. kopi dengan campuran bubuk cengkeh halus dan ditaburi dengan biji ketapang muda. sehingga kpi ini terasa sangat khas.

Jika kita membahas makanankhas maluku sebenarnya masih banyak lagi, namup kali ini cukup 12 makanan khas yang kita bahas, nah intuk anda yang ingin mengentahui makanan yang ada di indonesia lebih banyak lagi hanya di makananindonesia-top.
12 Makanan Khas Maluku Yang Terkenal | kangAli | Makanan Khas

2 komentar: