Resep Khas Padang, Memasak Gulai Kepala Kakap

Advertisement
Resep Khas Padang, Memasak Gulai Kepala Kakap – Padang memang terkeal masakanya yang asngat lezat, mungkin tak asing lagi bagi anda makanan khas yang satu ini yaitu kepala kakap. mendengarnya saja sudah membuat perut keroncongan! namun jangan bingung Sebenarnya kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah, caranya pun juga sangat mudah bahkan semua orang juga bisa membuatnya. nah berikut adalah resepnya:

Resep Khas Padang, Memasak Gulai Kepala Kakap
Masakan ini bahan utamanya yaitu ikan kakap sendiri bisa kita dapatkan dengan mudah. Ketersediaan ikan kakap di pasar tradisional maupun pasar ikan lainnya masih cukup bayak. Jadi anda jangan khawatir untuk kehabisan.

Resep Khas Padang, Memasak Gulai Kepala Kakap

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

    2 potong kepala ikan kakap yang sudah di cuci bersih
    3 lbr daun jeruk yang sudah di ambil tulang daunnya
    1 btg serai yang sudah di memarkan
    1 lbr daun kunyit yang sudah di cuci bersih
    1 cm lengkuas yang sudah dimemarkan
    1 liter santan kelapa asli (tidak disarankan untuk menggunakan santan isntan)
    Gula pasir secukupnya
    Garam secukupnya
    Minyak goreng secukupnya, untuk menumis

Bumbu-bumbu yang akan dihaluskan :

    3 buah bawang putih
    5 buah cabai merah ukuran besar
    9 buah bawang merah
    1 cm kunyit
    1 cm jahe yang di memarkan

Cara membuat resep gulai kepala kakap :
  1. Awalnya ambil kepala ikan yang sudah kita bersihkan sebelumnya, lalu kita lumuri secara merata dengan air jeruk nipis. Jika sudah, kita diamkan selama 15 menit supaya bau amisnya hilang.
  2. Kemudian panaskan minyak goreng secukupnya pada wajan, kemudian kita masukkan bumbu yang telah dihaluskan seperti serai, lengkuas, daun jeruk dan juga garam secukupnya.
  3. Apabila baunya sudah agak harum, maka baru kita masukkan santan dan lanjut dimasak sampai mendidih. Tapi jangan lupa ketika masak, pastikan terus di aduk supaya santannya tidak pecah.
  4. Jika sudah mendidih, bisa langsung kita masukkan kepala ikan kakap dengan menggunakan api kecil. Tujuannya agar kepala matang dan bumbu meresap sempurna. Terus aduk sampai benar-benar matang secara menyeluruh.

Makanansiap di hidangkan
Masakan gulai kepala kakap sangat pas dimakan ketika cuaca dingin, Agar makanan khas ini lebih mantab dalam menyantapnya bisa di temani kerupuk. anda juga bisa memberikan taburan bawang goreng di atasnya untuk menambahkan cita rasa dari bumbu kuah tersebut.Temukan resep-resep makanan khas di mangan enak.
Resep Khas Padang, Memasak Gulai Kepala Kakap | kangAli | Makanan Khas

0 komentar:

Post a Comment