5 Makanan Khas Lumajang, Jawa Timur

Advertisement
5 Makanan Khas Lumajang, Jawa Timur - Pernahkah anda berkunjung ke lumajang? Di Lumajang ini dikenal dengan sebutan kota Pisang dan memang pisang merupakan buah yang banyak terdapat di Lumajang.

Berbagai macam jenis pisang banyak dijual di pasar, dengan anekaragam pisang di sana namun tentunya ada yang spesial lo yaitu pisang agung. Pisang agung yang merupakan pisang andalan Lumajang ini biasa dipanen dari perkebunan di Kecamatan Senduro. Mengenai makanan khas berikut adalah makanan khas lumajang yang terkenal :

1.  Pisang Agung

Makanan Khas Lumajang Yang Terkenal
Pisang agung merupakan makanan khas lumajang yang popular, pisang yang dimaksud itu bukan sekedar pisang biasa lo Melainkan, Pisang Agung yang bentuk dan ukurannya memang seperti tanduk yanga bentuknya sangat panjang. Ukurannya bisa mencapai 2 atau 3 kali lebih panjang  jika dibandingkan ukuran pisang biasa.

2. Lupis Lumajang

5 Makanan Khas Lumajang Yang Terkenal
Lupis ini terbuat dari beras ketan yang kemudian direbus dalam waktu lama. Untuk pembuatannya mirip seperti  lontong. Makanan ini ketika dimakan  menimbulkan kesan kenyal-kenyal di lidah. Lupis biasanaya juga dipadukan dengan tambahan cenil, klepon dan apem.


3. Lontong Petis

Makanan Khas Lumajang Yang Terkenal
Lontong petis ini merupakan makanan seperti lontong, ketupat, dan lepet, makanan khas lumajang yang berbentuk prisma ini biasanya dai sajikan dengan sayur daging ayam, telur, tahu, kentang diolah menjadi satu. untuk tambahanya yaitu petis.

4. Pecel Telo

Pecel telo khas lumajang jawa timur ini meru pakan makanan yang terbuat dari sayur-sayuran atau jantung pisang, semanggi, genjer, kacang panjang dan kecambah, yang kemudian diberi bumbu yang bahan bakunya dari ubi jalar.

5. Bledus Khas Lumajang

Makanan Khas Lumajang Yang Terkenal
Bledus ini adalah makanan yang terbuat dari jagung pipil kering kemudian direndam semalaman, terakhir bledus ini direbus dalam waktu yang lama,. biasanya dalam penyajianya dengan ditabur kelapa parut.

Bagi anda yang sedang ber kunjung ke lumajang janga lewatkan makanan khas yang ada di lumajang tersebut, untuk iti mangan enak semoga bisa jadi petunjuk makanan khas yang ada di indonesia.
5 Makanan Khas Lumajang, Jawa Timur | kangAli | Makanan Khas

1 komentar: