Makanan Khas Tulungagung Yang Terkenal

Advertisement
Makanan Khas Tulungagung Yang Terkenal - Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Tulungagung terkenal sebagai satu dari beberapa daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia, dan terletak terletak 154 km barat daya Kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur.

Nah mengenai tulungagung, kini saya akan membahas Makanan Khas Tulungagung Yang Terkenal, taukah anda makanan khas tulung agung yang terkenal?, pasti belum kan, makanan khas tulungagung di antaranya : Sate dan Gule Kambing, Nasi Lodho Tulungagung, Sredek, Kemplang, Emping Melinjo, Kerupuk Gadung, Soto Ayam Kampung Tulungagung, Nasi pecel Tulungagung, Sompil, Lopis, Cenil, Kerupuk Rambak Tulungagung, Gethuk, Srondeng, Jenang Syabun, Jenang grendol, Gatho, Klethek, Sego Bantingan,dol, Geti, Kopi Cethe,Punten Pecel, Brondong Ketan, Capar Tape,  Glondhong Juruh, gimana banyak kan makanan khasnya? mengenai makanan khas yang terkenal, di bawah ini merupakan penjabaran beberapa Makanan Khas Tulungagung Yang Terkenal :

1. Sate dan Gule Kambing

Makanan Khas Tulungagung Yang Terkenal

Sate Tulungagung ini sebenarnya sama dengan sate pada umumnya, Sate tulungagung ini terdiri dari daging kambing yang ditusuk dalam sujen (tusuk sate) bambu, Sate ini disajikan dengan bumbu kecap yang diberi merica dan petis, Juga ditaburi dengan irisan bawang merah, di beberapa warung ditambah irisan daun jeruk, Sehingga rasanya memang khas Tulungagung-an, Sebenarnya yang menjadi khas sate ini dikarenakan proses bakarnya dicelupkan dalam kuah gule.

2. Nasi Lodho Tulungagung


Makanan Khas Tulungagung Yang Terkenal

Nasi Lodho Tulungagung ini mirip dengan kare ayam, perbedaanya ayamnya dipanggang/diasap dulu dan disajikan bersama nasi/tiwul (tiwul adalah nasi yang terbuat dari gaplek/singkong) juga di kasih pelengkap gudhangan (kudapan) sayur-sayuran, namun dalam perkembangannya lebih banyak yang disajikan (warung kaki lima) serupa dengan kare ayam. Lodho Tulungagung dibedakan dalam 2 genre,yaitu Lodho kuah kental dan encer, kekentalannya berasal dari konsentrasi santan, biasanya rasanya pedas,ayamnya ayam kampung.

3. Jenang Grendol


Makanan Khas Tulungagung Yang Terkenal

Jenang Grendol ini terbuat dari tepung kanji, umumnya makanan khas ini disajikan bersama dengan Jenang Baning yang terbuat dari tepung beras serta Jenang Ketan dari bubur ketan hitam. Secara terpisah Jenang Grendol disajikan dengan kuah santan karena karakter jenang itu sendiri yang sudah manis namun apabila dicampur akan diberikan kuah gula jawa/gula aren yang umum disebut Juruh.

4. Sompil


Makanan Khas Tulungagung Yang Terkenal


Sompil ialah makanan yang terdiri dari lontong yang diiris-iris, dan ditambahkan lotho, jangan bung, dan bubuk kedelai diatasnya. Makanan khas ini yang menjadi khasnya di karenakan pedasnya. warung sompil yang terkenal di Tulungagung, terletak di depan "Rumah Ahli Nujum" yang dulunya cukup terkenal di Tulungagung. Sompil ini sudah berdiri sejak lama, mungkin sekitar 10 tahun lebih. Karena itu, sompil ini sudah dikenal sejak lama di kalangan masyarakat Tulungagung.

5. Jenang Syabun

Makanan Khas Tulungagung Yang Terkenal

Jenang Syabun ini diolah dari beras ketan menjadi serupa dodol dengan penggabungan karakter rasa manis dari dua macam gula, gula jawa dan gula pasir,jenang ini mempunyai tektur lembut akan tetapi kenyal dan tidak lengket, originalnya jenang initidakmenggunakan pengawet, sehingga jarang dipajang ditoko,jika berminat disarankan datang ke pabriknya di desa Botoran.

Jika anda bepergian ke Tulungagung jangan lupa untuk mencicipi makanan.kuliner khasnya, juga belilah oleh-oleh untuk keluagaanda.
Makanan Khas Tulungagung Yang Terkenal | kangAli | Makanan Khas

2 komentar:

  1. "Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    • Steak & Sate Kelinci
    • Jagung & Pisang Bakar
    • Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    Warung Khas Batu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jatim Park 1 - Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899
    BBM : 7D8DEB8C
    www.TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    www.Facebook.com/WarungKhasBatu

    NB : blogger / pengulas / reviewer / tour guide kami undang test food GRATIS ! "

























    ReplyDelete
  2. Artikel ini keren gan,sukses buat situsnya. Aku baca tiap malem kalau mau bobo. Oiy,kalau butuh motor kredit dan kes area Tulungagung,Kediri Dan Trenggalek. Dateng ke dealer kami. www.guskecil.top

    ReplyDelete