5 Makanan Khas Demak, Jawa Tengah

Advertisement
5 Makanan Khas Demak, Jawa Tengah - Perlu anda tau Kabupaten Demak, merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten demak ini berbatasan dengan Laut Jawa di barat, Kabupaten Jepara di utara, Kabupaten Kudus di timur, Kabupaten Grobogan di tenggara, serta Kota Semarang dan Kabupaten Semarang di sebelah barat.

Ini yang kita tunggu tunggu yaitu makanan khasnya, di demak makanan khas yang terkenal di antaranya makanan khas yang terkenal di demak yaitu : nasi goreng, Nasi brongkos, Botok telur asin, bakso balungan dan asem-asem demak. sebenarnya masih banyak lagi makanan khas demak yang khas, namun sesuai judul saya tulis saja 5 makanan khas demak, jawa tengah. nah untuk uraianya sebagai berikut :

1. Nasi Ndoreng

Nasi Ndoreng

Nasi Ndoreng adalah masakan khas dari Demak.  Yang biasanya di sajikan Pada event Megengan di Alun-Alun Demak, Nasi Ndoreng mudah dijumpai. Nasi Ndoreng terbuat dari campuran Nasi, Urap yaitu berbagai macam sayur-sayuran, Pelas (Botok).

2. Nasi Brongkos

Nasi Brongkos

Nasi Brongkos merupakan masakan khas dari Kabupaten Demak. Nasi Brongkos adalah masakan yang menjadi santapan pagi alias untuk sarapan. Sedangkan jika anda ingin membuatnya sendiri ini bahan2nya untuk membuat nasi brongkos adalah buah kentang, buncis, kacang merah, santan, serai, jahe, lengkuas, daun salam, minyak goreng, Garam. Sedangkan bumbunya terbuat dari nangka muda, bawang putih, bawang merah, asam jawa, gula.

3. Botok Telur Asin
Botok Telur Asin

Botok Telur Asin adalah masakan khas dari Demak, Masakan Botok Telur Asin kini tidak hanya di Demak tapi sudah ada dimana-mana hingga di Jakarta dapat ditemukan masakan ini. Nah jika anda ingin memasaknya sendiri ini yang perlu anda siapkan sebelumnya : yang pokok adalah telur asin mentah, tahu, kelapa parut kasar, cabai merah besar, daun salam, cabai rawit merah, daun pisang, air. Sedangkan bahan bumbu Botok Telur Asin adalah bawang merah, bawang putih, lengkuas, kencur, garam, gula merah.

Cara botok telur rebus air, bumbu halus, tahu, kelapa, dan cabai merah sampai mendidih dan harum. Ambil daun pisang. Letakkan selembar daun salam. Ambil sedikit campuran tahu. Pecahkan 1 butir telur asin. Beri satu buah cabai rawit. Bungkus tum. Semat dengan lidi. Kukus di atas api sedang 30 menit sampai matang. Sajikan botok telur asin dengan nasi putih.

4. Bakso Balungan
Bakso Balungan

Bakso Balungan ini juga merupakan mkanan khas masyarakat ndemak. bakso ini adalah salah satu jenis masakan bakso yang menambahkan balungan (tulang) di dalam menyajikannya. Bakso Balungan yang menjadikan kasnya makanan dari Demak ini. Awalnya Bakso balungan ini muncul dari bisnis soto kerbau yang menjadi ciri khas soto di kawasan Demak, Kudus, Pati, dan sekitarnya. Kalau daging kerbau banyak dipakai untuk soto dan rawon, tulangnya dimanfaatkan untuk campuran bakso.

5. Asem-Asem Demak
Asem-Asem Demak

Asem-Asem Daging atau Asem-Asem ini juga merupakan masakan khas dari Kabupaten Demak. Meskipun berasal dari Demak namun Asem Asem Daging juga terdapat di daerah lain di Jateng, DIY dan Jatim. Asem-Asem Demak terbuat dari beberapa bahan yaitu daging sapi, kacang panjang/ buncis, tomat hijau, bilimbing wuluh. Sedangkan bumbunya terbuat dari bawang merah, bawang putih, daun salam, laos, cabe merah besar, Kecap manis, garam dan merica.
Cara membuatnya Asem-asem ini Rebus potongan daging dengan 600 -700 ml air hingga kaldu keluar, bersihkan busa yang keluar dari rebusan daging saat awal-awal merebus , supaya bersih. Masukkan bumbu-bumbu, belimbing wuluh dan tomat hijau, kecilkan api. Beri kecap manis, garam dan merica, cicipi hingga pas selera anda. Masak dengan api kecil supaya bumbu meresap ke daging, masukkan kacang panjang / buncis. Setelah daging meresap dan kuah asam manis nya pas, matikan api. Makan saat masih hangat.
5 Makanan Khas Demak, Jawa Tengah | kangAli | Makanan Khas

5 komentar:

  1. Wah kalo bahas makanan ya demen nih ane
    Apa lagi yg berbau pedas

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen mudik,pengen nyobain.

    ReplyDelete
  3. Bakso balungan khas demak meman mantap rasanya tidak ada bandingannya dengan yang lainnya. setiap kali mudik pasti bakso balungan yang menjadi tujuan pertama saat cari makanan gan ,,,,tidak percaya coba aja langsung datang ke kota demak atau kota wali,,,,

    ReplyDelete
  4. Informasi yang menarik mengenai makanan khas Demak Jawa Tengah, jadi ingin untuk mencicipinya

    ReplyDelete
  5. Terima kasih Informasinya. bagi anda yang ingin berkunjung ke kota tersebut, kami Estutrans Menawarkan Jasa Sewa Mobi. Terimakasih :)

    ReplyDelete