Nasi Jagung (Sego ampok) Khas Kediri Yang Bikin Awet Muda

Advertisement
Nasi Jagung (Sego ampok) Khas Kediri Yang Bikin Awet Muda - Nasi jagung ini merupakan makanan indonesia asli, sebelem nasi padi, makanan orang indonesia asli adalah singkong, ubi dan jagung. Makanan Nasi Jagung (nasi ampok) khas kediri ini adalah suatu makanan khas Indonesia yang terbuat dari jagung sebagai bahan dasarnya.

Jagung yang digunakan dalam untuk membuat nasi jagung ialah jagung yang sudah tua atau bisa disebut dengan istilah jagung pipil. Di pasar tradisional jagung pipil tersebut mudah ditemukan, harganya pun relatif murah dibandingkan dengan harga jagung manis atau pun jagung muda, Nasi jagung (Ampok) khas kediri ini biasanya  di makan menggunakan kulup daun pepaya/daun pepaya yang di rebus, dan di kasih oseng2 kates serta lauknya ikan asin, hmm itu kesukaan saya banget.

Mengenai nasi jagung panganan khas kediri ini sebenarnya Jagung sendiri merupakan makana pokok jaman dulu sebelum masa orde baru, Namun makanan ini yang enak ini sekarang susah di temui, dalam masa masa penjajahan makanan masyarakat Indonesia adalah jagung ubi singkon dll.Di masa orde baru pemerintahan mengadakan sembada pangan di era bapak Suharto penanaman padi secara merata sampai di impor beras dari tailand untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Nasi Jagung (Sego Ampok)

Jagung ubi singkong mulai tergeser dengan makanan pokok padi (beras) dan masyarakat mulai terbiasa mengokonsomsi beras karena dengan praktis cara memasak dan rasanya juga lebih enak. Nasi termasuk sumber karbohidrat yang paling enak dibanding ubi, jagung atau singkong. Makanya tidak heran jika orang Indonesia sangat tergantung dengan nasi. makanan khas kediri ini lebih banyak manfaatnya lo.

Nasi jagung ini mengandung karbohidrat kompleks sehingga lebih sedikit gula tapi lebih tinggi serat, maka justru memberi lebih banyak manfaat, baik bagi wanita, pria maupun anak-anak.

Manfaat karbohidrat kompleks rendah gula lebih bagus ketimbang nasi yaitu antara lain:

Bagi wanita
1. Membuat kulit halus, cantik dan bercahaya
2. Bebas toksin
3. Awet muda
4. Menghilangkan kerutan di wajah

Bagi pria
1. Meningkatkan gairah dan libido
2. Meningkatkan tenaga, stamina dan keperkasaan pria
3. Lebih bugar dan lebih bersemangat

Anak-anak
1. Meningkatkan kecerdasan
2. Meningkatkan kekuatan
3. Tidak mudah lelah dan sakit

Nah banyak kan manfaatnya!!kalau pemerintah mengimbau seperti itu, berarti pemerintah mau orang Indonesia jadi cantik, kulitnya halus, kuat dan pintar-pintar, sebenarnya kita harus belajar mengubah anggapan ‘belum makan bila tak makan nasi, orang lebih suka berada di comfort zone, lebih suka makanan enak ketimbang makanan khas yang sehat dan berkualitas.

Jadi silakan pilih makanan khas kita sendiri sebagai makanan pokok yaitu makanan khas yang asli peninggalan nenek moyang ubi, jagung, dan singkong memangsi makanan ini terasa kurang enak jika tidak pandai mengolahnya, namun jangan salah makanan ini sangat banyak manfaatnya.
Nasi Jagung (Sego ampok) Khas Kediri Yang Bikin Awet Muda | kangAli | Makanan Khas

2 komentar:

  1. benar sekali, karena jagung mengadung banyak vitamin A yang bagus untuk kulit dan mata

    ReplyDelete
  2. bagaimana cara membuat nasi ampok

    ReplyDelete