5 Makanan Tradisional Yang Terkenal, Di Mancanegara

Advertisement
5 Makanan Tradisional Yang Terkenal, Di Mancanegara - Sebenarnya makanan tradisional memang erat kaitannya dengan rasa dan aroma khas makanan tersebut. Tak luput berkenaan pada cara membuat atau mengolah makanan tersebut. Makanan tradisional yang ada di Indonesia memang sangatl beraneka ragam bahkan setiap makanan tradisional itu mempunyai sejarah dan terkadang ikut berinovasi seiring perkembangan zaman.

Makanan tradisional ke luar negeri juga sering dijajakan dan dipamerkan saat acara-acara kedutaan juga perlombaan masak yang diadakan di kedutaan luar negeri. Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi negara Indonesia untuk lebih mengeksplor dan mengasah beragam budaya Indonesia terutama bidang makanan serta dapat memberikan kekuatan dan kebersamaan yang baik hal tersebut yang menjadikan Indonesia dikenal baik di luar negeri maupun dalam negeri.

Makanan tradisional bukan hanya dari bentuknya melainkan cita rasa dan aroma khas  dengan khasnya menjadikan makanan tradisional yang cocok dan sesuai dengan kondisi daerah serta menjadi kebiasaan makan pula bagi masyarakat di daerah tertentu. yang melahirkan keunikan tersendiri mengenai rasa dan bentuk. Setiap daerah di Indonesia pastinya mempunyai makanan khas yang biasaya terdapat nilai sejarahnya. Berikut Ini merupakan 5 makanan indonesia yang terkenal :

1. Nasi kuning 
Nasi Kuning
Nasi kuning merupakan makanan khas yang katanya sakral. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit juga santan dan rempah-rempah. Dengan tambagan bumbu-bumbu dan santan, nasi kuning mempunyai rasa yang lebih gurih daripada nasi putih. Nasi kuning merupakan salah satu variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai tumpeng. Nasi kuning ini biasanya disajikan dengan bermacam lauk-pauk yang khas. sebenarnya warna nasi kuning melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Nasi kuning biasanya di sajikan dalam acara-acara syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan. 

2. Soto
Soto
Soto adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Biasanya daging yang paling sering digunakan ialah sapi dan ayam. Beragam daerah di Indonesia mempunyai jenis soto sendiri, dengan kandungan yang berbeda-beda, misalnya Soto Kediri soto Madura, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, soto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, coto Makassar. dan Soto lamongan Soto juga umumnya dinamai menurut kandungannya, misalnya soto kambing, soto ayam, soto babad. 

3. Randang
Rendang
Rendang ini merupakan salah satu masakan tradisional Minangkabau yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan utama dengan kandungan bumbu rempah-rempah yang kaya. Masakan dengan citarasa yang pedas ini digemari oleh seluruh kalangan masyarakat, dan dapat ditemukan di seluruh Rumah Makan Padang di Indonesia, Malaysia, ataupun di negara lainnya.

4. Sate 
Sate
Sate ini merupakan makanan yang terbuat dari potongan daging (ayam, kambing, domba, sapi, babi, ikan, dan lain-lain) yang dipotong kecil-kecil,dan ditusuki dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Biasanya sate disajikan dengan berbagai macam bumbu (bergantung pada variasi resep sate). untuk menyantapnya sate diberi saus. Saus ini bisa berupa sambal kecap, sambal kacang,  Lalu sate dimakan dengan nasi hangat atau, kalau di beberapa daerah disajikan dengan lontong. Kalau hari lebaran biasanya sate dimakan dengan ketupat. 

5. Nasi Goreng
Nasi Goreng
Nasi goreng ini juga merupakan masakan nasional Indonesia. Dari sekian banyak hidangan dalam khazanah Makanan Indonesia, Nasi goreng ini merupakan makanan nasional yang cukup popular. Karena masakan nasional yang satu ini dapat dinikmati secara sederhana di warung tepi jalan, gerobak penjaja keliling, hingga restoran dan meja prasmanan dalam pesta.

Dengan anekaragam varian resep nasi goreng tapi unsur utamanya adalah nasi, minyak goreng, kecap manis. Selain itu banyak tambahan lain yang dapat dimasukkan, mulai dari sayuran, daging, sampai sambal, saos.
5 Makanan Tradisional Yang Terkenal, Di Mancanegara | kangAli | Makanan Khas

2 komentar:

  1. Ternyata makanan Indonesia banyak dikenal di dunia yaa, makin bangga jadinya..
    Nah berikut ini juga ada beberapa makanan Indonesia yg mendunia lhoo.. cek yuuuk http://penulispro.com/kuliner-asli-indonesia-yang-mendunia/22818/

    ReplyDelete