10 Makanan Khas Purwokerto Asli Indonesia

Advertisement
10 Makanan Khas Purwokerto Asli Indonesia - Kuliner khas purwokerto sangat beragam, sebelum membahas makanan khas purwokerto perlu anda tau bahwa Purwokerto ini merupakan ibu kota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia.

Purwokerto ini juga nmendapat julukan kota kripik, salah satu kripik andalan Purwokerto adalah kripik tempe, kripik tempe yang bertekstur renyah sangat pas buat teman minum teh. namun tak hanya itu makanan khas Purwokerto yang lain masih banyak lagi simak.

10 Makanan Khas Purwokerto Asli Indonesia

Makanan Khas Purwokerto

1. Mendhoan Khas Purwokerto
10 Makanan Khas Purwokerto Asli Indonesia
Khas Purwokerto yang pertama adalah mendoan, mendoan ini merupakan makanan khas yang terbuat dari bahan dasar tahu ataupun tempe, mendoan ini merupakan makanan yang biasanya di jadikan lauk makan, dengan beragam bumbu tak lupa cabe sebagai lalapan agar terasa nikmat.

2. Tahu Brontak Khas Purwokerto
Tahu Brontak Khas Purwokerto
Makanan khas purwokerto yang kedua yaitu brontak, makanan ini terbuat dari tahu yang diberi tepung yang diberi bumbu dan digoreng. makanan ini di dalamnya terdapat sayuran seperti wortel cambah dan lain2, makanan ini di namakan tahu brontak karena saat di goreng sayuran yang ada di dalam tahu pada keluar maka dinamai tahu berontak.

3. Kripik Tempe Khas Purwokerto
Kripik Tempe Khas Purwokerto
Makanan yang ke tiga ini modelnya seperti mendoan, namun bedanya tempe khas purwokerto ini teksturnya di goreng lebih kerng. mirip seperti keripik. maklum dengan tekstur kering renyah memang purwokerto ini kan di juluki kota kripik.

4. Gethuk Goreng Khas Purwokerto
Gethuk Goreng Khas Purwokerto
Getuk ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar telo. makanan ini mungkin sudah tak asing lagi bagi anda, namun kalau di purwo kerto terdapat gethuk goreng yang menjadi makanan khasnya, sentra pembuatannya adalah Kec.Sokaraja, sebuah kota kecamatan di pinggir kota Purwokerto.

5. Keong Kuah Pedas Khas Purwokerto
Keong Kuah Pedas Khas Purwokerto
Keong mungkin sudah tak asing lagi bagi anda masyakat desa, keong ini adalah bahan dasar makanan khas purwokerto/ keong pedas namanya, keong sawah yang dimasak berkuah yang di beri dengan bumbu-bumbu kuat yang yang menghasilkan rasa pedas dan segar. makanan khas ini biasa disebut juga dengan "kraca".

6. Dage Khas Purwokerto
Dage Khas Purwokerto
Makanan khas purwokerto yang terbuat dari ampas kacang yang di gumpalkan yang kemudian di jamurkan, Makanan ini biasanya disajikan berupa goreng tepung berbumbu dan disantap dengan cabe rawit atau "lombok cengis".

7. Semayi Khas Purwokerto

Lauk dari ampas kelapa yang dibumbui dan dipanggang di atas api kecil. Makanan yang menjadi simbol hidup melarat ini kini sudah amat-sangat susah ditemukan.

8. Tegean Khas Purwokerto
Tegean Khas Purwokerto

adalah sebutan khas Banyumas untuk sup sayur berkuah bening yang tampak sangat sederhana namun sangat menyegarkan. Sayur-mayur berupa bayam, kecambah kedelai hitam, daun katuk, dan kedelai hitam butiran lazim menjadi unsur utama masakan ini. Untuk bumbunya, selain bahan-bahan yang lazim seperti bawang merah dan bawang putih, tegean juga bercirikan dengan "geprekan" kencur yang sangat menyegarkan.

9. Empal basah Khas Purwokerto

Makanan khas yang berbahan dasar daging dan tetelan sapi yang dimasak dengan kuah santan yang kental. Makanan dengan kekhasan empal basah Banyumasan adalah adanya sensasi gatal dan geli yang ditimbulkan oleh campuran srundeng di dalam kuah kental tersebut. Biasanya Empal basah ini di santap dengan ketupat berkulit janur.

10. Themlek Khas Purwokerto

Makanan khas purwokerto yang juga tebuat dari bahan dasar ampas tahu yang di padukan dengan tepung, dan bumbu rempah-rempah, makanan ini digoreng dengan adonan tepung. makanan ini tidak sangat enak dan tidak seret apabila di telan.

Gimana banyak kan makanan khas Purwokerto? . ok sobat makanan khas porwokerto memang banyak dan sangat menarik lagi atau mungkin tambah banyak lagi jika sobat ber kunjung ke Purwokertonya sendirim di jawa barat selain Makanan Khas Purwokerto juga ada Makanan Sukabumi yang tak kalah enaknya.
10 Makanan Khas Purwokerto Asli Indonesia | kangAli | Makanan Khas

4 komentar:

  1. Maaf kalau saya salah, Purwokerto itu bukannya masuk dalam kabupaten Banyumas Jawa Tengah ya?

    ReplyDelete
  2. menurutku makanan khas purwokerto yang susah ditemui di daerah lain ya mendoan sama gethuk goreng

    ReplyDelete
  3. Sepertinya perlu di revisi min untuk artikel ini. judulnya purwokerto, kok paragraf pertama nyebutnya purwakarta, trus makanan2 ini juga bukan dari purwokerto asli min. kalau emang mau mbahas makanan khas purwokerto, pasti mendoan, gethuk goreng masuk. itu yang melegenda. tolong direvisi min

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih mas, purwokerto dengan purwakarta bukaya sama ya mas?

      Delete