Makanan Khas Cirebon Yang Terkenal

Advertisement
Makanan Khas Cirebon Yang TerkenalKota Cirebon merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini berada di pesisir utara Jawa atau yang dikenal dengan jalur pantura yang menghubungkan Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya.Di Cirebon banyak sekali makanan khas, baik berupa cemilan maupun makanan berat. Cemilan yang khas dari Cirebon di antaranya emping, kerupuk udang, kerupuk kulit, gapit, dan masih banyak lagi yang lain. Sedangkan makanan berat atau kuliner dari Cirebon banyak yg sudah tidak asing di kalangan pecinta kuliner masakan Indonesia yaitu:

1. Docang
Docang Khas cirebon
Docang ini dahulunya adalah makanan para wali, karena memanfaatkan bahan-bahan murah tetapi rasanya lezat. Docang yaitu sejenis lontong sayur yang terdiri dari potongan lontong, kecambah matang, daun singkong matang, diberi parutan kelapa, lalu disiram dengan sayur lodeh dan kerupuk. Docang banyak dijumpai saat pagi hari untuk sarapan.

2. Tahu Gejrot
Gejrot
Tahu Gejrot yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi, karena sekarang banyak dijumpai di daerah lain. Tahu gejrot terdiri dari tahu matang yang dipotong-potong, ditambah bawang merah, dan cabai rawit yang dihaluskan agak kasar. Lalu disiram kuah yang terbuat dari gula merah dan cuka. Tahu gejrot disajikan dengan piring kecil yang terbuat dari gerabah. Kuliner yang satu ini sangat pas disantap saat siang hari.

3. Empal Gentong

Empal Gentong
Empal Gentong ini dimasak dengan daging sapi, kuah santan, dan bumbu kuning, lalu ditaburi kucai, dan bawang goreng. Namun tidak lengkap rasanya jika tanpa cabai merah bubuk. Empal Gentong ini dimasak di atas kayu bakar dengan menggunakan gentong yang terbuat dari gerabah. Di sepanjang Jalan Tengahtani banyak rumah makan yang menjual empal gentong ini. biasanya pada saat malam minggu, rumah makan tersebut ramai dikunjungi para pemburu kuliner yang kebanyakan datang dari luar kota. 

4. Nasi Lengko

Nasi Lengko

Nasi Lengko ini terdiri dari nasi putih yang diberi potongan tempe dan tahu goreng, lalu diberi kecambah matang, dan potongan mentimun. Tidak ketinggalan irisan kucai, bawang goreng serta kecap yang ditaburi di atasnya. Makanan ini memang tak mengurah kantong tapi tidak kalah nikmat dengan empal gentong. 

5.  Nasi Jamblang
Nasi Jamblang Khas Cirebon
Nasi jamblang ini di bungkus menggunakan daun jati. Menunya, antara lain, sambal goreng, tahu sayur, paru-paru, semur hati atau daging, perkedel, satai kentang, telur dadar/goreng, sambal goreng telur, semur ikan, ikan asin, tahu, dan tempe. Makanan khas Cirebon ini awalnya diperuntukkan bagi para pekerja paksa pembangunan jalan raya Daendels dari Anyer ke Panarukan yang melewati wilayah Cirebon, tepatnya di Desa Kasugengan. Sega jamblang saat itu dibungkus daun jati agar bisa tahan lama dan tetap terasa pulen. Daun jati memiliki pori-pori yang membantu menjaga kualitas nasi meskipun disimpan lama.

Makanan indonesia yang ada di cirebon sebenarnya masih sangat banyak lagi, makanan khas cirebon ini tak kalah lezatnya dengan makanan khas indonesia yang berada di  Garut. jika anda berkunjung ke cirebon silahkan mencicipi makanan khasnya.




Makanan Khas Cirebon Yang Terkenal | Kang ali Ali | 10

2 komentar: