5 Makanan Indonesia Yang Mendunia

Advertisement
5 Makanan Indonesia Yang Mendunia - Kuliner Khas Indonesia atau makanan khas indonesia sangat beragam, dimulai darimakanan khas jambi, jika kita lihat indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang terdapat banyak suku, budaya maupun tarian khas.

Tentunya juga banyak sekali pilihan makanan khas indonesia, Tapi tak semua makanan khas di kenal oleh dunia, kita sebagi orang indonesia harus bangga dengan beranekaragaman budaya yang menghasilkan makanan khas-khas yang menjadi icon daerah, berikut adalah 5 makanan Indonesia yang mendunia :

5 Makanan Indonesia Yang Mendunia :

1. Nasi Kuning Khas Indonesia

5 Makanan Indonesia Yang Mendunia
Nasi kuning adalah makanan indonesia yang terbuat dari beras yang dimasak dengan kunyit serta santan dengan bumbu rempah-rempah, kemudian di campur bumbu-bumbu dan santan, sehingga nasi kuning memiliki rasa yang khas gurih daripada nasi putih.

Nasi kuning merupakan fariasi nasi putih yang sering di pakai untuk tumpeng, Nasi kuning biasanya di sajikan dengan bermacam-macam lauk-pauk makanan khas indonesia, dalam tradisi indonesia warna kuning melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran dan moral yang luhur, sehingga nasi kuning sering di sajikan padawaktu ada hajatan.

2. Sate Khas Indonesia

Makanan Indonesia Yang Mendunia
Sate merupakan makanan yang terbuat dari potongan daging , byasanya yang di pakai daging kambing, sapi dan ayam, daging tersebut di potong sebesar ibu jari kemudian di tusuk dengan bambu sebesar lidi kemudian di bakar di atas bara api dari arang, kemudian di sajikan dengan berbagai macam variasi bumbu yang terbuat dari kacang dari kacang tanah di haluskan, di campur dengan kecap dan bawang merah, sate di sajikan dengan nasi hangat, juga  biasanya dengan lontong.

3. Gado-Gado Khas Indonesia

Gado-gado merupakan makanan Indonesia yang berupa sayur-sayuran yang di rebus dan di campur jadi satu, dengan bumbu atau saus dari kacang tanah yang di haluskan di sertai irisan telur di atasnya di taburkan bawang goreng dan sedikit kerupuk, gado-gado dapat di makan begitu saja juga bisa di makan dengan nasi putih, Gado-gado merupakan makanan khas indonesia yang pernah menjadi juara saat festifal makanan internasional.

4. Soto Khas Indonesia

Soto adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah sapi dan ayam, dan kambing, Soto juga dinamai menurut kandungannya, misalnya soto ayam, soto babat, soto kambing.

Cara penyajian Soto bisa dihidangkan dengan berbagai macam lauk, misalnya kerupuk, perkedel, emping melinjo, sambal, saus kacang, dan lain-lain. Dan juga pula dengan tambahan lainnya seperti sate telur pindang, sate kerang, jeruk limau, koya (campuran tumpukan kerupuk dengan bawang putih) dll, soto byasanya dapat di temui di berbagai kedai di daerah nusantara.

5. Lontong Khas Indonesia

lontong khas Indonesia Yang Mendunia
Lontong adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari beras dibungkus dalam daun pisang dan direbus dengan air selama beberapa jam dan jika air hampir habis dituangkan air lagi demikian berulang sampai beberapa kali. Lontong biasanya disajikan dengan satai, rujak, atau gulai kambing, Karena direbus dalam daun pisang, lontong dapat berwarna hijau di luarnya, sedangkan berwarna putih di dalamnya.

Walau juga dibuat dari beras, lontong memiliki aroma yang khas. Yang pasti lontong adalah Makanan indonesia yang mendunia, Kalaupun ada lontong dan ketupat di negara lainnya seperti Malaysia, Brunei, dan Singapura, itu tidak lain adalah budaya serapan yang dibawa oleh perantau Indonesia ke negeri tersebut sejak dulu kala.
5 Makanan Indonesia Yang Mendunia | kangAli | Makanan Khas

0 komentar:

Post a Comment